Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Pembuatan Peel of Mask Cangkang Kerang Darah pada Siswa Siswi SMK Harapan Bersama Kota Tegal

  • Sari Prabandari Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Purgiyanti Politeknik Harapan Bersama, Tegal
  • Joko Santoso Politeknik Harapan Bersama, Tegal
Keywords: SMK Harapan Bersama, Pengusaha, Cangkang kerang darah, Peel Off Mask

Abstract

SMK Harapan Bersama yang berada di Kota Tegal Propinsi Jawa Tengah selain sebagai sarana belajar juga berjalan sebagai wadah pengembangan dalam berwirausaha. Sejalan dengan perkembangan era industri 4.0 dilakukan kegiatan pengabdian kepada msyarakat (PKM) pembuatan Peel Off Mask sebagai produk inovasi dengan memanfaatkan limbah cangkang kerang darah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pengolahan cangkang kerang darah sebagai Peel Off Mask sehingga dapat meningkatkan skill sebagai enterpreuner. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan penyuluhan mengenai kandungan yang terdapat dalam cangkang kerang darah,pemanfaatan dan cara pembuatannya sebagai sediaan kosmetik Peel Off Mask..

Hasil pada kegiatan yang telah dilakukan, dihasilkan produk Peel Off Mask dengan pemanfaatan limbah kerang darah. Kegiatan PKM berjalan dengan baik dan dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta dan beberapa guru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mitra, dan perlu adanya tindak lanjut terkait pelaksanaan pelatihan kepada siswa-siswi SMK Harapan Bersama Kota tegal sebagai bentuk bekal wirausaha.

 

Published
2022-11-16
How to Cite
Prabandari, S., Purgiyanti, & Santoso, J. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Pembuatan Peel of Mask Cangkang Kerang Darah pada Siswa Siswi SMK Harapan Bersama Kota Tegal. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 52-56. https://doi.org/10.51903/community.v2i3.158