Penyuluhan Brain Gym Pada Anak Bimbingan Belajar Kelas 5 SD Desa Sadang.

  • Annisa Mutiara Ariyanti Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anzela Rosepti Farlinda Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prama Haditya Bayu Putra Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Angga Prastowo Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lathifah Nuryati Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dimas Arif Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wijianto Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Anak memiliki kegiatan yang padat dengan pembelajaran, aktivitas pembelajaran ini tidak hanya dilakukan disekolah tetapi juga dilakukan dirumah, seperti mengerjakan tugas sekolah dan mengikuti kelas tambahan. Dengan padatnya kegiatan pembelajaran anak akan memaksakan otak untuk bekerja sangat keras sehingga terjadi ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri, juga dapat menyebabkan kelelahan pada otak sehingga konsentrasi dalam belajar anak menjadi menurun. Permasalahan yang dialami anak bimbingan kelas 5 SD Desa Sadang yaitu menurunnya konsentrtasi pada saat berlangsungnya proses belajar, terutama pada siang hari, postur tubuh pada saat duduk di bangku tidak baik dan kurangnya pemahaman anak tentang postur yang baik dan benar. Untuk mengatasi permasalahan ini diberikan tindakan  fisioterapi berupa Brain Gym dan penyuluhan tentang duduk yang baik dan benar. Brain Gym dapat menstimulasi bagian-bagian otak yang tertutup atau terhambat menjadi terbuka, sehingga pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran menggunakan seluruh bagian otak atau whole brain yang meningkatkan keefektifan belajar. Menurut riset respon atau dampak positif akan didapatkan apabila menerapkan olahraga dan latihan pada Brain Gym yaitu peningkatan konsentrasi, atensi, kewaspadaan dan kemampuan fungsi otak untuk melakukan perencanaa, respon dan membuat keputusan tanpa batasan umur.

Published
2022-10-24
How to Cite
Ariyanti, A. M., Farlinda, A. R., Putra, P. H. B., Prastowo, A., Nuryati, L., Arif, D., & Wijianto. (2022). Penyuluhan Brain Gym Pada Anak Bimbingan Belajar Kelas 5 SD Desa Sadang. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 15-22. Retrieved from https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/210