Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Desa Pondokjoyo Melalui Branding Kemasan UMKM dan Pelatihan Hidroponik

  • Tri Agustina Nugrahani
  • Muhammad Fidyan Mega Alamsyah
  • Igit Ginanjar Pranowo
  • Fitria Nanda Fransisca Putri
  • Dinara Falif Novfitri
  • Ahmad Yusron Fahmi
  • Ayu Triyani Rahmawati
  • Risma Nawinda Mukti
  • Julio Andrea Wijaya
  • Violeta Sri Prabaningtyas
  • Karina Nine Amalia

Abstract

Desa Pondokjoyo, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember memiliki kondisi lingkungan untuk ditanami berbagai komoditas pangan dan perkebunan seperti padi, singkong, jagung dan tebu namun di sisi lain kondisi lingkungan yang berupa tanah kering serta suhu yang panas yang berakibat tidak sesuai apabila lahan pertanian ditanami sayuran. Kondisi tersebut menyebabkan masyarakatnya bergantung pada tanaman pangan dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuan Kegiatan KKN dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan branding kemasan UMKM Kerupuk Singkong melalui packaging yang menarik serta menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam budidaya hidroponik melalui pelatihan sehingga dapat diaplikasikan untuk pemenuhan kebutuhan sayur skala rumah tangga dan industri. Adapun peserta kegiatan ini meliputi berbagai stakeholder seperti kolaborasi pemuda desa dan karang taruna yang berjumlah 20 orang. Tahapan kegiatan KKN dalam Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi dua tahap yaitu: tahap persiapan dan tahap pelatihan/pendampingan. Observasi lokasi dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022, kegiatan ini yang berupa persiapan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli-1 Agustus 2022 dan pelatihan dilaksanakan sampai tanggal 26 Agustus 2022

References

[1] Hidayat, K., & Yaskun, M. (2019). PKM UMKM Rengginang. e-Prosiding SNasTekS, 1(1), 321- 328.
[2] Johar, L., Qamaria M.N.S., Hafid A.F., Samsuddin H.B, dan Rahim A. (2021). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Kosong di Kantor Lurah Salo, WatangSawitto, Pinrang. Jurnal Lepa-lepa Open. 1(3). 503-510.
[3] Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi
[4] Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120
[5] Satya, M. T., Tejaningrum, A., & Hanifah, H. (2017). Manajemen Usaha Budidaya Hidroponik. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 01(02), 2528–2190.
Published
2022-11-26
How to Cite
Tri Agustina Nugrahani, Muhammad Fidyan Mega Alamsyah, Igit Ginanjar Pranowo, Fitria Nanda Fransisca Putri, Dinara Falif Novfitri, Ahmad Yusron Fahmi, Ayu Triyani Rahmawati, Risma Nawinda Mukti, Julio Andrea Wijaya, Violeta Sri Prabaningtyas, & Karina Nine Amalia. (2022). Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Desa Pondokjoyo Melalui Branding Kemasan UMKM dan Pelatihan Hidroponik. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 57-59. https://doi.org/10.51903/community.v2i3.236