PENERAPAN SAK -EMKM BAGI PENGELOLA KESENIAN TRADISIONAL JAWA GAMELAN DAN CAMPURSARI PADA PERANTAU ARGAPURI JABODETABEK

  • Nurwita Universitas Pamulang
  • Sutiman Universitas Pamulang
  • Hengki Hermawan3 Universitas Pamulang

Abstract

Kesenian Tradisional Jawa (Gamelan dan Campursari) pada Perantau Argapuri Jabodetabek dilakukan pada kegiatan atau upacara resmi dan menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar ataupun wisatawan untuk melihat secara langsung tradisi, keunikan, keanekaragaman budaya atas hasil buatan manusia. Seni budaya Kesenian Tradisional Jawa (Gamelan dan Campursari) pada Perantau Argapuri Jabodetabek dikelola oleh pegiat atau seseorang yang memiliki pemahaman terhadap simbol-simbol budaya, cerita perkembangan budaya daerah . Mengelola kesenian Kesenian Tradisional Jawa (Gamelan dan Campursari) pada Perantau Argapuri Jabodetabek tidaklah mudah, butuh tenaga ekstra memanfaatkan waktu, mulai dari menerima tawaran bermain (pagelaran) dengan aktivitas tawar menawar harga, memastikan tujuan pagelaran, latihan rutin untuk memupuk kerjasama tim antara gamelan dan campur sari , mengelola keuangan untuk menggaji diri sendiri, dan aset. Mengelola keuangan mulai dari pencatatan pemasukan dan pengeluaran perlu dilakukan sebagai upaya untuk dapat mengetahui uang tunai setiap waktu dan dapat digunakan untuk menghidupi kesenian Tradisional Jawa (Gamelan dan Campursari) pada Perantau Argapuri Jabodetabek yang ada, serta pengakuan akuntansinya dengan penerapan SAK-EMKM sehingga dapat bermanfaat mengatur dan mengelola dengan baik keuangan agar aktivitas kesenian Tradisional Jawa ( Gamelan dan Campur Sari) berkembang dan terus lestari tak lekang oleh waktu.

References

Ardiyos, 2015, Kamus Besar Akuntansi, Edisi 4, Alfabetis, Bandung.
BPS, 2015, Indikator Sosial Budaya, dan Pendidikan, Badan Pusat Statistik, Provinsi Jawa Timur.
Daymon, Christine, and Immy Holloway, 2008, Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relation dan Marketing Communication, Diterjemahkan oleh: Cahya Wiratama, Bentang, Yogyakarta.
Hadi, Sumandiyo, 2007, Kajian Tari Teks dan Konteks, Pustaka Book Publisher, Yogyakarta
Horngren, Charles T, and Walter T. Harrison, 2007, Accounting, 7th Edition, Pearson Education International.
Humardani, 1985, Kumpulan Kertas Tentang Kesenian, Proyek ASTI, Surakarta Ikatan Akuntan Indonesia, 2018, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah, Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.
Indriani, Sinta Dewi, 2016, Studi tentang Sejarah Kesenian Jaranan Aswo Budoyo di Desa Wonoasri, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Nusantara PGRI, Kediri.
Nina, Ivana. 2018. Implementasi Sak Emkm (Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah) Pada Umkm Borneo Food Truck Samarinda Community . Journal of Accounting and Business Management (RJABM) Volume 2 No.2 December 2018
Salmiah, Neneng. 2018. Pemahaman Pelaku Umkm Terhadap Sak Emkm : Survey Pada Umkm YangTerdaftar Di Dinas Koperasi Dan Ukm . Jurnal Akuntansi Dewantara Vol. 2 No. 2 Oktober 2018
Surya, Raja Adri Satriawan. 2012. Akuntansi Keungan Versi IFRS. Yogyakarta Graha Ilmu. Edisi Pertama.
Tatik, SE, M. Ak, Ak, CA. 2018. Potensi Kepatuhan Pembayaran Pajak Pada Pelaku Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Pasca Penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 23 TAHUN 2018 (Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Sleman-Yogyakarta). Journal & Proceding , FEB.UNSOED Universitas JENDERAL SOEDIRMAN, Vol 8 No 1.
Published
2022-12-28
How to Cite
Nurwita, Sutiman, & Hengki Hermawan3. (2022). PENERAPAN SAK -EMKM BAGI PENGELOLA KESENIAN TRADISIONAL JAWA GAMELAN DAN CAMPURSARI PADA PERANTAU ARGAPURI JABODETABEK. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 105-111. https://doi.org/10.51903/community.v2i3.263