MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO DI TK PANTI RINI

  • Petronela Pure TK Panti Rini
Keywords: Kemampuan Berbicara, Bermain Peran Mikro

Abstract

Survei ini bertujuan  untuk menganalisis keterampilan memecahkan masalah matematika siswa pada materi persamaan linier satu variable kelas VII di SMP Darrosta Jakarta. Metode survei yang digunakan adalah studi kasus kualitatif terhadap 25 siswa kelas VII SMP Darosta Jakarta dan 3 siswa yang mengambil sampel survei dengan 10 soal uraian. Proses pengembangan instrumen dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan uji coba instrumen kepada siswa yang menerima materi penelitian ini. Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa peralatan yang diproduksi memenuhi persyaratan untuk peralatan yang baik yaitu uji daya pembeda, validitas dan reliabilitas. Dari hasil maka dapat disimpulkan Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 8 butir soal sudah divalidasi, Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan indikator keterampilan memecahkan masalah matematika polya dengan tes terulis untuk mengetahui tingkatan siswa sesuai kategori baik, cukup     dan kurang. Hasil Survei ini adalah (1) Keterampilan memecahkan masalah matematika siswa untuk materi persamaan linier satu variable masih kurang. (2) Dari 25 siswa diperoleh sebanyak 2 orang siswa atau 8 % yang siswa termasuk dalam kategori “baik ”, 7 siswa atau 26 % termasuk kedalam kategori “Cukup”, 16 siswa atau sebanyak 64 % termasuk kedalam kategori “kurang”. (3) Dari 25 Siswa ini diambil 3 siswa pertingkatan siswa yaitu katagori baik, cukup dan kurang. Dari ketiga siswa ini menemukan bahwa mereka masih memiliki soal pemecahan masalah yang telah diuji sesuai dengan indikator pemecahan masalah dengan polya.

References

Antari.Penerapan Model Pmbelajaran Visual, Auditoy,Kinestethic Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Konsep Bilangan (Volume 4. No. 1 – Tahun 2016)
Apriliani dkk. 2013. Penerapa Model Number Head Together dengan Media Dadu Untuk Memingkatkan Kemampuan Memngenal Kosep Bilangan. Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia
Asmani, Jamal ma’mur.2011. Tips Pintar PTK: Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta. Laksana
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT O IRineka Cipta
Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluas edisi i. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Brendefur, J., Strother, S., Thiede, K., Lane, C., & Surges-Prokop, M. J. (2013, August 23). A Professional
Development Program To Improve Math Skills Among Preschool Children In Head Start. Early Childhood Educ J, 41, 187-195. Diperoleh 29 Desember 2015, dari http://content.ebscohost.com
Dimyati, Johni.2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Jakarta. Kencana
Edens, K. M., & Potter, E. F. (2013). An Exploratory Look At The Relationships Among Math Skills, Motivational Factors An Activity Choice. Early Childhood Educ J, 41, 235-243. Di akses 29 Desember 2016
Edwards, K., Edwars, B., Jones, G., & Ham, S. (2015). Outcomes of the Saturday School: A Church-based Approach to Enhance Achievement in Reading & Mathematics. The ABNF Journal, 109-111.
Fajriah, Nur. 2015 Cerdas Berhitung Matematika. Jakarta : Pusat Perbukuan
Indahwati.Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B di TK NURUL HUDA.Surabaya
Istadinata.2015.Upaya Meningkatkan Konsep Bentuk, Warna, Ukuran, dan Pola Universitas Sriwijaya
Kobandaha, Dewisantri.2015.Pengenalan Konsep Bilanga 1-20 Dengan Permainan phonon Hitung Pada Anak Kelompok B DiTK DI TK SITI MASSITA 1 Desa Passi 1 Kec.passi Barat.Kab Bolaang Mongondow
Published
2022-07-02
How to Cite
Petronela Pure. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO DI TK PANTI RINI. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.51903/education.v2i2.134