PENERAPAN TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI MTS. QUDWATUN HASANAH

Authors

  • Mulia Rasyidi Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.51903/education.v1i3.104

Keywords:

TPS, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model think pair share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa. Metode penelitian yang telah digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest control group. Penelitian dilakukan di MTs. Qudwatun Hasanah dengan populasi seluruh siswa kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan software Microsoft Office Excel dan uji t (2- pihak). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TPS dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional (thit = 3,708; α = 0,05), (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep secara signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TPS dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional (thit = 3,272; α = 0,05),

References

Afan, M. A. A. I. N., Marhaeni, N dan Dantes. 2013. The Effect of Think Pair Share Technique on the English Reading Achievement of the Students Differing in Achievement Motivation at
Grade Eight of SMPN 13 Mataram. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1): 1-12.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Boleng, D. T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2): 76-84.
Ekoningtyas, M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share Dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif,Pemahaman Konsep IPA dan Retensinya serta Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4): 332-342.
Ginting, S. A dan Sormin, F. F. 2011. Improving Students’achievement in Reading Comprehension Through Think Pair Share Technique. Jurnal Pendidikan, 1(3): 1-7.
Husna., Ikhsan, M dan Fatimah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2): 81-92.
Ibrahim, A. R. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Mata Kuliah Kimia Dasar 1. Jurnal Forum MIPA, 13(2): 77-81.
Kitaoka, H. 2013. Teaching Methods that Help Economics Students to be Effective Problem Solvers. International Journal of Arts and Commerce, 2(1): 101-110.
Marlina., Hajidin dan Ikhsan, M. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen, Jurnal Didaktik Matematik, 1(1): 83-95.
Nurnawati, E. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Physics Education Journal, 1(1): 1-7.
Nugraha, D.A., Susanti, E.V.H dan Masykuri, M. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4): 174-181.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstekstual (Context Acing And Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Permadi, U., Putra, M dan Jaya, I. N. A. 2013. The Effect of Think Pair Share Teaching Strategy to Students’ Self-Confidence and Speaking Competency of the Second Grade Students of SMPN 6 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1: 1-Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

PENERAPAN TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI MTS. QUDWATUN HASANAH. (2021). Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 20-24. https://doi.org/10.51903/education.v1i3.104