Pengaruh Ketepatan Memilih Jodoh Terhadap Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Perspektif Islam

  • Suaidi Suaidi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Ketepatan Memilih Jodoh, Keserasian Mendidik Anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sejauhmana pengaruh ketepatan memilih  jodoh atau pasangan dalam perkawinan sebagai wujud dari langgengnya suatu perkawinan, dan tercapainya suatu cita-cita dalam sebuah rumah tangga yaitu rumah tangga yang bahagia.

            Syariat Islam memberikana petunjuk dan bimbingan dalam  soal memilih jodoh atau pasangan hidup setiap manusia agar tidak terjadi kekecewaan saat menjalankan  kehidupan rumah tangga. Perkawinan ialah  ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa (Psl 1 UU Nomor 1 Tahun 1974). Kebahagiaan  tanpa batas sebagai ruh dalam sebuah perkawinan  adalah tujuan yang hendak dicapai, maka pihak-pihak yang akan melangsungkan perkawinan harus dipersiapkan sejak awal agar kebahagiaan yang tanpa batas itu dapat diwujudkan.

            Realitasnya, masih   banyak perkawinan  yang berakhir dengan perceraian baik melalui proses hukum maupun tanpa proses hukum. Putusnya perkawinan ini diakibatkan pilihan terbaik suami isteri sebab jika dilangsungkan tidak akan mampu memberikan kenyamana bagi masing-masing pihak. Lahirnya kebahagiaan dalam rumah tangga karena seimbangnya kebutuhan  suami isteri yang diwujudkan dalam saling pengertian saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.

            Ketepatan memilih dan menentukan calon pasangan suami isteri bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan kebahagiaan. Oleh karenanya Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada seorang laki-laki yang hendak menikah agar memilih pasangan isterinya dengan kriteria agama merupakan prioritas, sebab dengan memahami dan ketaatan kepada agama dapat dijadikan indikator lahirnya kebahagiaan dalam rumah tangga. Tujuan berumah tangga disamping harus menikmati kebahagian ada tujuan yang lebih penting adalah melahirkan keturunan yang berkualitas yaitu lahirnya anak-anak yang taat beragama.

            Ketaatan beragama bagi anak ditentukan oleh kualitas ketaatan kedua orang tuanya. Prilaku beragama kedua orang tua sangat dominan dalam melahirkan anak-anak yang taat beragama. Maka, anak-anak yang diasuh dalam rumah tangga yang taat beragama akan memberikan dampak kepada perkembangan anak selanjutnya. Keserasian kedua orangtua (suami isteri) dalam memberikan pendidikan awal dalam rumah tangga sebagai modal utama dalam melahirkan anak-anak yang taat beragama.

References

Adib, Machrus, Pondasi Keluarga Sakinah, Titikoma, Jakarta 2017
[2] Endang, Prastuti, Kunci Kebahagiaan Dalam Keluarga, Bulan Bintang, Jakarta 2018
[3] Gede, Bagas Barhma Putra, Faktor Penentu Kebahagiaan, 2019
[4] Jalaluddin Rakhmat, Tafsir Kebahagiaan, PT. Srambi Ilmu Semesta, Jakarta 2010
[5] Kang Uni, Tafsir Kebahagiaan, Gramedia, Jakarta 2019
[6] Nazarudin, Umar, Perkawinan dan Keluarga, BP.4 Jakarta 2008
Published
2023-01-10
How to Cite
Suaidi Suaidi. (2023). Pengaruh Ketepatan Memilih Jodoh Terhadap Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Perspektif Islam. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 10-23. https://doi.org/10.51903/education.v3i1.285