Manajemen Kedisiplinan Guru Dalam Menerapkan Karakter Disiplin Kelas 1 SD Negeri Ciceri Indah
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v3i3.441Keywords:
Discipline management, discipline character, elementary school teachersAbstract
The aim of this research is to observe the discipline management applied by teachers to shape the character of grade 1 students. The study was conducted using a descriptive method with a qualitative approach in SDN Ciceri Indah for 2 days. The teacher applied good communication with the students' parents to discipline the students, and gave appropriate sanctions if the students misbehaved and did not follow the rules. The discipline applied by the teacher made the children follow the learning process much better than children of the same age in grade .References
Yuliana, L., & Arikunto, S. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Ratnasari, I., & Khayati, E. Z. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Hiasan Busana melalui Metode Demonstrasi dengan Penggunaan Media Video di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 6(4).
Mardapi, D. (2011). Penilaian pendidikan karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-22.
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.
Mini, Rose. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.
Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.
Samosir, C. (2023). Pengertian Sikap Disiplin Menurut Para Ahli Mulai dari Hurlock hingga Arikunto. Diakses pada 06 Desember 2023, dari https://kids.grid.id/read/473824838/pengertian-sikap-disiplin-menurut-para-ahli-mulai-dari-hurlock-hingga-arikunto?page=all
Ratnasari, I., & Khayati, E. Z. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Hiasan Busana melalui Metode Demonstrasi dengan Penggunaan Media Video di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 6(4).
Mardapi, D. (2011). Penilaian pendidikan karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-22.
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.
Mini, Rose. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.
Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.
Samosir, C. (2023). Pengertian Sikap Disiplin Menurut Para Ahli Mulai dari Hurlock hingga Arikunto. Diakses pada 06 Desember 2023, dari https://kids.grid.id/read/473824838/pengertian-sikap-disiplin-menurut-para-ahli-mulai-dari-hurlock-hingga-arikunto?page=all
Downloads
Published
2023-12-10
Issue
Section
Articles
How to Cite
Manajemen Kedisiplinan Guru Dalam Menerapkan Karakter Disiplin Kelas 1 SD Negeri Ciceri Indah. (2023). Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(3), 57-62. https://doi.org/10.51903/education.v3i3.441