Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Terintegritas
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v4i1.463Keywords:
Leadership, Children with Special Needs, School IntegrityAbstract
The aim of this research is to determine the role of school leadership in improving the learning outcomes of children with special needs in integrated schools. The method used in this research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques include: observation, interviews, and documentation. The research subjects or informants were school principals and teachers. The results of interviews conducted by the author with the leadership of SDN 23/VI Rantau Panjang I show that regarding children with special needs at this school, the leadership and parents work together in guiding children so that the achievements of children with special needs can be on par with normal children.References
Cahyaningrum, Rahma Kartika. 2012. Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal, 1(1), 1-9.
Dewi, Rini Rafika dan Muhammad Sholeh. 2021. Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Sekolah Ranah Anak. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(02), 348-360.
Fitrah, Muh. 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. Retrieved from https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/90/96.
https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/125648-R050849=Gejala%20arsitektur Metodologi.Pdf (di akses pada tanggal 8 Desember 2023)
Irawanda, Gita dan Ansar. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 17-29.
Nasdir dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Banteng. YUME: Journal of Management, 1(2),1-22.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Ubaidillah, Aan Fardani dkk. 2019. Hubungan Antara Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru PAI dan Karakter Religius-Toleran Siswa Muslim di Sekolah Multikultural. Education and Human Development Journal, 4(2), 1-12.
Dewi, Rini Rafika dan Muhammad Sholeh. 2021. Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Sekolah Ranah Anak. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(02), 348-360.
Fitrah, Muh. 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. Retrieved from https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/90/96.
https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/125648-R050849=Gejala%20arsitektur Metodologi.Pdf (di akses pada tanggal 8 Desember 2023)
Irawanda, Gita dan Ansar. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 17-29.
Nasdir dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Banteng. YUME: Journal of Management, 1(2),1-22.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Ubaidillah, Aan Fardani dkk. 2019. Hubungan Antara Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru PAI dan Karakter Religius-Toleran Siswa Muslim di Sekolah Multikultural. Education and Human Development Journal, 4(2), 1-12.
Downloads
Published
2024-01-03
Issue
Section
Articles
How to Cite
Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Terintegritas. (2024). Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 118-127. https://doi.org/10.51903/education.v4i1.463