Sistem Informasi Persediaan Dengan Metode Period Order Quantity Berbasis Multiuser Pada PT Terboyo

  • Muhammad Sidik Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
  • Nailin Nikhlis Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
Keywords: Sistem; Informasi; Persediaan; Period Order Quantity; Multi User.

Abstract

Sistem persediaan merupakan salah satu fungsi manajerial yang sangat penting, karena mayoritas perusahaan melibatkan investasi besar pada aspek ini, demikian juga bagi PT Terboyo  yang banyak menggunakan persediaan dalam bidang perencanaan dan pengendalian produksinya.

Metode Period Order Quantitymerupakan metode yang dapat membantu proses pengendalian persediaan bahan baku. Metode ini menggunakan pendekatan pada konsep jumlah pemesanan ekonomis yang dipakai pada setiap periode  yang bersifat permintaan diskrit atau beragam. Perhitungan metode period order quantity (POQ) menggunakan dasar pemesanan ekonomis yang nantinya akan digunakan sebagai data pendukung untuk menghitung interval pemesanan yang optimal. Sehingga perusahaan dapat mengurangi beban biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemesanan.

Dilihat dari masalah tersebut , maka penulis perlu mendesain ulang atas sistem informasi stok barang dengan menggunakan sistem yang berbasis komputer, yaitu program Microsoft Visual Basic. Desain sistem menggunakan Qlient-Server yang terdiri atas desain input, desain sistem dan prosedur , serta desain output. Sistem baru ini diharapkan mampu mengatasi kelemahan sistem informasi yang digunakan sebelumnya..

Published
2021-10-31
How to Cite
sidik, & Nailin Nikhlis, N. N. (2021). Sistem Informasi Persediaan Dengan Metode Period Order Quantity Berbasis Multiuser Pada PT Terboyo. Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 1(2), 63-73. https://doi.org/10.51903/teknik.v1i2.100