APLIKASI ISSUE TRACKING SYSTEM BERBASIS WEB (Studi Kasus: PT Mitra Kuadran Teknologi)
DOI:
https://doi.org/10.51903/teknik.v2i3.121Keywords:
Issue tracking system, ASP.NET Core, pengaduanAbstract
PT Mitra Kuadran Teknologi merupakan perusahaan pengembangan perangkat lunak. Dalam aplikasi yang telah digunakan pelanggan sering ditemukan masalah yang perlu diselesaikan secepatnya. Pelanggan biasa menyampaikan pengaduan dengan mengirim pesan langsung ke programmer secara pribadi. Pelanggan terkadang perlu mengirim pengaduan yang sama beberapa kali atau ke beberapa orang untuk diselesaikan. Penanganan pengaduan seperti ini masih kurang efektif, karena proses pengaduan masih dilakukan secara manual sehingga mempengaruhi kinerja programmer dalam penyelesaian masalah. Pada tugas akhir ini, penulis akan membuat suatu aplikasi berdasarkan permasalahan tersebut. Aplikasi Helpdesk Kuadran dikembangkan sebagai aplikasi issue tracking system dengan tujuan untuk memudahkan pelanggan aplikasi untuk mendaftarkan masalah dan programmer menyelesaikan masalah. Aplikasi dibangun menggunakan metode waterfall. Metode user accpetance testing (UAT) digunakan untuk mengukur nilai penerimaan pengguna. Hasil pengujian usability atau kegunaan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang dilakukan menghasilkan nilai akhir rata-rata 82.5. Nilai ini di atas nilai 68 batas persetujuan dan dianggap dapat memudahkan programmer dalam manajemen pengaduan masalah pelanggan.