Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Metode Bruto Dengan Teknologi VB NET (Studi Kasus di PT Perkebunan Sidorejo Ungaran)

  • Priyadi Priyadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Santoso Lukman Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Anggraeni Julaeny Mia Anggraeni

Abstract

PT. Perkebunan Sidoredjo Ungaran Kab.Semarang adalah salah satu perusahaan distributor yang bergerak dibidang penjualan karet mentah dan cengkeh kering. Pada akhir periode akuntansi bulanan, perusahaan ini melakukan proses penggajian pada karyawannya dan membuat laporan gaji sebagai pertanggung jawaban kepada pimpinan perusahaan. Proses pencatatan dan perhitungan gaji yang diterapkan oleh perusahaan ini masih bersifat manual. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penulis mengusulkan kepada PT.Perkebunan Sidoredjo untuk merancang aplikasi penggajian yang akan membantu menghitung gaji karyawan agar lebih efektif dan efisien. Sistem ini akan penulis rancang menggunakan Visual Basic.Net. Karena aplikasi tersebut mudah dipahami, selain itu dalam penanganan Bug, Visual Basic.Net mempunyai fasilitas yang hebat dan Real Time Backgroud Compiler. Perancangan sistem ini akan melibatkan sistem lama yang ada di perusahaan untuk membuat sistem yang baru. Sistem yang telah selesai dibuat diharapkan perusahaan akan memperoleh kemudahan dalam menginput data sekaligus membantu pihak perusahaan dalam menyusun laporan penggajian secara akurat dan efesien.

Published
2022-09-12
How to Cite
Priyadi, P., Lukman, S., & Julaeny Mia Anggraeni, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Metode Bruto Dengan Teknologi VB NET (Studi Kasus di PT Perkebunan Sidorejo Ungaran). Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 2(1), 46 - 58. https://doi.org/10.51903/teknik.v2i1.182