PENGENALAN DALAM SUATU MANIPULASI PENIPUAN PAJAK MELALUI OPTIMALISASI DALAM KESADARAN WAJIB PAJAK SUATU METODE PENDEKATAN
DOI:
https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.119Keywords:
Pajak, Wajib Pajak, Ketaatan Pelaporan, Laporan PajakAbstract
Dalam suatu pemasukan pajak menandakan bahwa penerimaan pajak sangat berpengaruh penting
dalam peranana suatu pelaporan wajib pajak yang telah di samakan dengan tingkat kepatuhan wajib pajak
dalam pelaporan pajak kepada Negara. Jumlah wajib pajak tahun 2019 sampe 2021 semakin meningkat tapi
dalam pelaporan Wajib pajak kepada Negara sedikit dan banyak belum patuh dalam pelaporan wajib pajak
kepada Negara. Tidak hanya di Negara kita Negara Indonesia Di tingkat Negara lain yang sudah berkembang
dan maju banyak yang belum patuh dalam pelaporan wajib pajak kepada Negara. Bahwa banyaknya
kecurangan dalam menyapaikan SPT Tahunan dalam kasus manipulasi laporan pajak Tahunan yang terjadi.
Serta adanya pelaku untuk melakukan manipulasi data pajak yang terjadi di Indonesia sehingga Negara
mengalami kerugian pajak pendapatan Negara. Bagaimana kesadaran wajib pajak kepada Negara kepatuhan
membayar dan melaporkan pajak.
References
perception of tax evasion. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 6(1), 71-84.
[2] https://www.pajak.go.id/id/mekanisme-penghitungan-pajak-penghasilan-orang-pribadi
[3] Ekaputra, A. Triyono. Achyani, F. (2022). Meminimalisasi Penggelapan Pajak Melalui Optimalisasi
Kesadaran Perilaku Wajib Pajak Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior. EKOMBIS
REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).
[4] https://kamus.tokopedia.com/p/penghasilan/
[5] https://id.wikipedia.org/wiki/Penghasilan_kena_pajak
[6] https://www.wibowopajak.com/2020/09/pengertian-pembukuan.html
[7] https://atpetsi.or.id/definisi-norma-penghitungan-penghasilan-neto.
[8] Basri, Y. M. (2015). Pengaruh gender, religiusitas dan sikap love of money pada persepsi etika
penggelapan pajak mahasiswa akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10(1), 45-54.
[9] Kusumajaya, R. A. (2017). Meningkatkan Customer Relationship Berdasarkan Analisis Conceptual
Model Of Customer Knowledge Management (CKM). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen
Bisnis, 2(2), 87-100. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i2.812