ALTERNATIF STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN BERBASIS INTERNAL - EXTERNAL MATRIKS
DOI:
https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i2.234Keywords:
kinerja pemasaran, umkm, strategiAbstract
Kemajuan UMKM tentunya sangat diharapkan bagi kebanyakan pengusaha, untuk mencapai kemajuan tersebut tentu perlu mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang, serta ancaman yang dimiliki oleh UMKM. Sehinga nantinya Pemilik UMKM dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang akan menjadi rujukan dalam pembuatan strategi yang bisa berdampak pada kinerja pemasaran. Banyak UMKM mengalami kesulitan dalam menangani keadaan saat ini adanya wabah pandemi covid, perang yang menganggu kestabilan ekonomi banyak negara, keadaan ini menuntut para pengusaha untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran supaya tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada salah satu usaha krupuk di temanggung melalui analisis SWOT dengan mendeskripsikan faktor internal (IFE) berupa kekuatan dan kelemahan dan faktor external (EFE) berupa peluang dan ancaman yang bisa menunjukan keadaan UMKM pada masa sekarang. . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuisioner dari pemilik usaha krupuk. Dari analisis yang didapatkan skor kekuatan 2,00, kelemahan 2,39, peluang 2,34 dan ancaman 2,16 dengan nilai total IFEsebesar 4,39 dan total EFE 4,50. Hasil tersebut menempatkan UMKM krupuk pada diagram 3 dengan kelemahan dan peluang yang besar
Kata Kunci: kinerja pemasaran, umkm, strategi.
References
[2] A. Hartarto, “Peningkatan Daya Saing UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian Indonesia Menuju Pasar Global,” Kementerian koordinator bidang perekonomian, 2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2948/peningkatan-daya-saing-umkm-sebagai-ujung-tombak-perekonomian-indonesia-menuju-pasar-global (accessed Apr. 17, 2022).
[3] Sainsma.com, “Mengapa penilaian kinerja penting bagi setiap organisasi?,” sainsma.com, 2022. https://sainsma.com/mengapa-penilaian-kinerja-penting-bagi-setiap-organisasi/ (accessed Apr. 25, 2022).
[4] M. Prawiro, “Pengertian Kinerja: Indikator, dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja,” maxmanroe.com, 2020. https://www.maxmanroe.com/vid/karir/pengertian-kinerja.html#:~:text=Dalam konteks manajemen%2C pengertian kinerja adalah suatu prestasi,memperhatikan upaya pengoptimalan kinerja sumber daya manusia %28SDM%29. (accessed Apr. 25, 2022).
[5] I. H. Hatta, “Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran,” J. Apl. Manaj., vol. 13, no. 4, pp. 654–660, 2015, [Online]. Available: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/815
[6] A. Listyarso and N. I. M. Ca, “Lingkungan Persaingan Sebagai,” Quality, pp. 1–91, 2005.
[7] N. Triandra, D. Hambali, Nurasia, and N. Rosalina, “Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa),” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 4, no. 1, pp. 6–10, 2019, doi: 10.37673/jebi.v4i1.259.
[8] Ojk, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah,” www.ojk.go.id, 2008. https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/regulasi/Pages/Undang-Undang-Nomor-20-Tahun-2008-tentang-Usaha,-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx (accessed Jun. 30, 2022).
[1] M. . Dr. Lestari Moerdijat, S.S., “Refleksi Akhir Tahun 2021 - MENELISIK INDONESIA,” mediaindonesia.com, 2022.
[2] A. Hartarto, “Peningkatan Daya Saing UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian Indonesia Menuju Pasar Global,” Kementerian koordinator bidang perekonomian, 2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2948/peningkatan-daya-saing-umkm-sebagai-ujung-tombak-perekonomian-indonesia-menuju-pasar-global (accessed Apr. 17, 2022).
[3] Sainsma.com, “Mengapa penilaian kinerja penting bagi setiap organisasi?,” sainsma.com, 2022. https://sainsma.com/mengapa-penilaian-kinerja-penting-bagi-setiap-organisasi/ (accessed Apr. 25, 2022).
[4] M. Prawiro, “Pengertian Kinerja: Indikator, dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja,” maxmanroe.com, 2020. https://www.maxmanroe.com/vid/karir/pengertian-kinerja.html#:~:text=Dalam konteks manajemen%2C pengertian kinerja adalah suatu prestasi,memperhatikan upaya pengoptimalan kinerja sumber daya manusia %28SDM%29. (accessed Apr. 25, 2022).
[5] I. H. Hatta, “Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran,” J. Apl. Manaj., vol. 13, no. 4, pp. 654–660, 2015, [Online]. Available: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/815
[6] A. Listyarso and N. I. M. Ca, “Lingkungan Persaingan Sebagai,” Quality, pp. 1–91, 2005.
[7] N. Triandra, D. Hambali, Nurasia, and N. Rosalina, “Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa),” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 4, no. 1, pp. 6–10, 2019, doi: 10.37673/jebi.v4i1.259.
[8] Ojk, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah,” www.ojk.go.id, 2008. https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/regulasi/Pages/Undang-Undang-Nomor-20-Tahun-2008-tentang-Usaha,-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx (accessed Jun. 30, 2022).
[1] M. . Dr. Lestari Moerdijat, S.S., “Refleksi Akhir Tahun 2021 - MENELISIK INDONESIA,” mediaindonesia.com, 2022.
[2] A. Hartarto, “Peningkatan Daya Saing UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian Indonesia Menuju Pasar Global,” Kementerian koordinator bidang perekonomian, 2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2948/peningkatan-daya-saing-umkm-sebagai-ujung-tombak-perekonomian-indonesia-menuju-pasar-global (accessed Apr. 17, 2022).
[3] Sainsma.com, “Mengapa penilaian kinerja penting bagi setiap organisasi?,” sainsma.com, 2022. https://sainsma.com/mengapa-penilaian-kinerja-penting-bagi-setiap-organisasi/ (accessed Apr. 25, 2022).
[4] M. Prawiro, “Pengertian Kinerja: Indikator, dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja,” maxmanroe.com, 2020. https://www.maxmanroe.com/vid/karir/pengertian-kinerja.html#:~:text=Dalam konteks manajemen%2C pengertian kinerja adalah suatu prestasi,memperhatikan upaya pengoptimalan kinerja sumber daya manusia %28SDM%29. (accessed Apr. 25, 2022).
[5] I. H. Hatta, “Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran,” J. Apl. Manaj., vol. 13, no. 4, pp. 654–660, 2015, [Online]. Available: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/815
[6] A. Listyarso and N. I. M. Ca, “Lingkungan Persaingan Sebagai,” Quality, pp. 1–91, 2005.
[7] N. Triandra, D. Hambali, Nurasia, and N. Rosalina, “Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa),” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 4, no. 1, pp. 6–10, 2019, doi: 10.37673/jebi.v4i1.259.
[8] Ojk, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah,” www.ojk.go.id, 2008. https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/regulasi/Pages/Undang-Undang-Nomor-20-Tahun-2008-tentang-Usaha,-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx (accessed Jun. 30, 2022).