Pengaruh Ikatan Emosi, Atmosfer Kenyamanan Toko, Dan Harga Khusus Terhadap Customer Retention
DOI:
https://doi.org/10.51903/dinamika.v1i1.242Keywords:
Ikatan Emosional, Atmosfer Kenyamanan Toko, Dan Harga KhususAbstract
Customer retention merupakan bagian dari perilaku pembeli, semakin banyak pelanggan yang membeli kembali di toko yang sama maka akan meningkatkan pendapatan toko tersebut. Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh ikatan emosional, atmosfer kenyamanan toko, dan harga khusus terhadap customer retention.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample pada penelitian ini adalah convenience accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada para responden. Hasil dari data survey selanjutnya diolah dengan analisis regresi yang dijalankan dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (ikatan emosional, atmosfer kenyamanan toko, dan harga khusus) yang diajukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention.
References
Bakri, M.. Pengaruh Etos Kerja, Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Hadji Kalla Di Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, Vol 7, No 2, 2018, hal. 117-128.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Universitas Diponegoro.
Hadiansyah, A., & Yanwar, A.P. Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. AE. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol .3, No. 2, 2015. hal. 150-158.
Keraf, S. (2010). Etika Bisnis; Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta: Kanisius.
Mangkunegara, A.A.A.P. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Muhyi, H. A. The Influence of Organizational Culture And Organizational Commitment On Employee Performance (Study in PT Pelayaran Samudera Selatan Jakarta). Strategic, Vol 9, No 18, 2010. hal 1-8.
Nawawi Hadari. (2006). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press.
Salamun, Sumardi, Sadilah, Emiliana, Sumintarsih, Sudijono, dan Suhartinah. Persepsi Tentang Etos Kerja: Kaitannya Dengan Nilai Budaya Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. 1995. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Shahzad, F., Iqbal, Z,. & Gulzar, M. Impact Of Organization Culture On Employees Job Performance: An Empirical Study Software House In Pakistan. Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 5, No. 2, 2013. hal. 56-64.
Sinamo, J.H. 8 Etos Kerja Profesional. (2011). Jakarta: Institut Darma Mahardika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Tampubolon, M. P. Perilaku Keorganisasian. 2008, Bogor: Ghalia Indonesia
Tanuwibowo, J. C dan Sutanto, E.M. Hubungan Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Karyawan. Trikonomika, Vol. 13, No.2, 2014, hal. 136-144.
Zainal, V.R, et.al. Manajemen. Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. 2014, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zaputri, A.R., Rahardjo, K., & Utami, H.N. Pengaruh Insentif Material dan Non Material Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Studi pada Karyawan Produksi Cetak PT. Temprina Media. Grafika di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 2, No. 2, 2013. hal.1-8.