Pengaruh Ikatan Emosi, Atmosfer Kenyamanan Toko, Dan Harga Khusus Terhadap Customer Retention

  • Nur Ahmad Prasetyo
Keywords: Ikatan Emosional, Atmosfer Kenyamanan Toko, Dan Harga Khusus

Abstract

Customer retention merupakan bagian dari perilaku pembeli, semakin banyak pelanggan yang membeli kembali di toko yang sama maka akan meningkatkan pendapatan toko tersebut. Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh ikatan emosional, atmosfer kenyamanan toko, dan  harga  khusus  terhadap  customer retention.

Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample pada penelitian ini adalah convenience  accidental  sampling.  Jumlah  sampel  yang  digunakan  sebanyak  50 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada para responden. Hasil dari data survey selanjutnya diolah dengan analisis regresi yang dijalankan dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (ikatan emosional, atmosfer kenyamanan toko, dan harga khusus) yang diajukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention.

References

Andriani, M. Pengaruh Etos Kerja dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1, 2018. hal..25-32.
Bakri, M.. Pengaruh Etos Kerja, Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Hadji Kalla Di Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, Vol 7, No 2, 2018, hal. 117-128.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Universitas Diponegoro.
Hadiansyah, A., & Yanwar, A.P. Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. AE. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol .3, No. 2, 2015. hal. 150-158.
Keraf, S. (2010). Etika Bisnis; Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta: Kanisius.
Mangkunegara, A.A.A.P. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Muhyi, H. A. The Influence of Organizational Culture And Organizational Commitment On Employee Performance (Study in PT Pelayaran Samudera Selatan Jakarta). Strategic, Vol 9, No 18, 2010. hal 1-8.
Nawawi Hadari. (2006). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press.
Salamun, Sumardi, Sadilah, Emiliana, Sumintarsih, Sudijono, dan Suhartinah. Persepsi Tentang Etos Kerja: Kaitannya Dengan Nilai Budaya Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. 1995. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Shahzad, F., Iqbal, Z,. & Gulzar, M. Impact Of Organization Culture On Employees Job Performance: An Empirical Study Software House In Pakistan. Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 5, No. 2, 2013. hal. 56-64.
Sinamo, J.H. 8 Etos Kerja Profesional. (2011). Jakarta: Institut Darma Mahardika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Tampubolon, M. P. Perilaku Keorganisasian. 2008, Bogor: Ghalia Indonesia
Tanuwibowo, J. C dan Sutanto, E.M. Hubungan Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Karyawan. Trikonomika, Vol. 13, No.2, 2014, hal. 136-144.
Zainal, V.R, et.al. Manajemen. Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. 2014, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zaputri, A.R., Rahardjo, K., & Utami, H.N. Pengaruh Insentif Material dan Non Material Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Studi pada Karyawan Produksi Cetak PT. Temprina Media. Grafika di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 2, No. 2, 2013. hal.1-8.
Published
2021-05-30
How to Cite
Prasetyo, N. A. (2021). Pengaruh Ikatan Emosi, Atmosfer Kenyamanan Toko, Dan Harga Khusus Terhadap Customer Retention. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 1(1), 110-119. https://doi.org/10.51903/dinamika.v1i1.242