PENGARUH GREEN MARKETING, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus KFC Jamtos Jambi)

Authors

  • Rizky Maharani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Saijun Saijun Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.374

Keywords:

Pemasaran Hijau, Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Pada saat ini pula banyak perusahaan telah sadar apa arti pentingnya menjaga lingkungan dimana banyak perusahaan berusaha melakukan bisnis dengan tema Green di usahanya yang dimana dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan tetapi dapat juga melestarikan lingkungan dimana metode bisnis ini juga termasuk dalam menjaga keberlangsungan jangka panjang suatu usaha. Meningkatnya kesadaran konsumen terhadap lingkungan alam menimbulkan perubahan perilaku pembelian mereka. Konsumen menjadi lebih sensitif dalam pemilihan produk yang akan mereka konsumsi. Mereka akan memilih produk ramah lingkungan yang ditawarkan oleh pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh green marketing, citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis data yaitu Uji Koefisien Determinan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen dan pelanggan KFC Jamtos Jambi. Hasil penelitian menujukkan bahwa green marketing, citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel green marketing, citra merek dan kualitas produk sebesar 49,2% dan sisanya 50,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

References

Al – Qur’an
[1] Al-Qur’an, Tim Penyempurnaan Terjemahan. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. 1st ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qu’an, 2019.
Buku
[2] Chalil, R.D. Brand, Islamic Branding, & Re-Branding. Depok: Rajawali Pers, 2020.
[3] Firmansyah, M. Anang. Perilaku Kosumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.
[4] Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
[5] Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Kosumen. 4 ed. Bandung: ALFABETA, 2015.
[6] Jakaria, Yaya. Mengelola Data Penelitian Kuantitatif Dengan Spss. Bandung: Alfabeta, 2015.
[7] Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT Indeks, 2016.
[8] Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Marketing Management. 14th [ed.]. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall, 2012.
[9] Marketing Management. 14th [Ed.]. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall, 2012.
[10] Putri Nugraha, Jefri. Teori Perilaku Konsumen. 1 ed. Pekalongan, Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2021.
[11] Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.
[12] Rivai Zainal, Veithzal. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
[13] Sangadji, Etta dan Sopiah. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. I. Yogyakarta: Andi, 2013.
[14] Soffian assauri, Strategi Marketing, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
[15] Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2022.
[16] Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.
[17] Yuniarti, Vinna Sri. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Website
[18] https://ekbis.sindonews.com/berita/1439402/34/5-restoran-cepat-saji-terbesar-di-indonesia.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

PENGARUH GREEN MARKETING, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus KFC Jamtos Jambi). (2023). Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 01-15. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.374