Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah

  • Eko Supriyanto Universitas Tanjungpura
Keywords: Ekonomi Digital, Pendapatan, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat, teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagaian besar kebutuhan manusia. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban maunsia memasuki era digital. Hasil Penelitian ini  menyatakan bahwa perkembangan Ekonomi Digital mempengaruhi Pendapatan Pelaku Usaha UMKM di Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.

References

Amalia, Nurul Sari. 2021. Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Umkm Di Kota Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Andreas Kaplan and Michael Haenlein. “Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media”.Kelley School of Business, Business Horizon, Vol. 53, No. 1. 2010
Badan Pusat Statistik. 2022. Kubu Raya Dalam Angka 2022. Kubu Raya
Boediono. 2002 Pengantar Ekonomi, Jakarta: Erlangga
Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice,England: Pearson Education Limited
Daniel Iman K dkk. 2005, “Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial terhadap Kesadaran Konsumen pada Produk Internasional”, Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Vol.24 No. 1 Juli 2005
Dedi Purwana ES, dkk.2017, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani . Vol. 1 No. 1, Juli 2017
Husnurrosyidah, 2019. E-Marketplace UMKM Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Islam. EQUILIBRIUM, Volume 7, Nomor 2, 2019 224. P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316
Gujarati, D, N & Porter, D, C. 2015. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta : Salemba
Monica Utari, 2017. “Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya”. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP, Vol.4 No.2, Oktober 2017
Purnomo, Sodik Dwi, Bagus Adhitya, Zumaeroh. 2021. Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Volume 21 No.1
Slyvia M Chan-Olmsted., Monhee Cho, and Sangwon Lee. 2013. “User Perception of Social Media: A Comparative study of Perceived Characteristics and User Profiles by Social Media”, Journal of Communication and Media Technologies. Vol. 3, No. 4
Sukirno, Sadono. 2006. Teori Pengantar Mikro Ekonomi, Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syikin, Nursyakillah, Arifuddin Mane, Syamsuddin Jafar. 2020. Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah(Umkm) Kuliner Di Kecamatan Rappocinikota Makassar. Economic Bosowa Journal Edisi Xxxviioktober S/D Desember 2020.
Teguh , Muhammad, 2005, Metodologi Penulisan Ekonomi teori dan Aplikasi, Jakarta : Raja GrafindoPersada
Zainal Muttaqin. 2011. “Facebook Marketing Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern”, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 1 No. 2, Juli 2011
Published
2023-10-31
How to Cite
Eko Supriyanto. (2023). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 82-97. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.384