EVALUASI SISTEM AKUNTANSI AKRUAL DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN

  • Tantik Sumarlin Universitas Sains Dan Teknologi Komputer
  • Myra Andriana Universitas Sains Dan Teknologi Komputer
Keywords: Kata Kunci: sistem, akuntansi, anggaran.

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Memiliki sejumlah divisi, salah satunya adalah divisi keuangan, pengelolaan data anggaran belum memanfaatkan sistem yang maksimal. Proses penyusunan rancangan dan realisasi anggaran, yang merupakan laporan perbandingan antara anggaran pendapatan dan belanja dengan realisasinya, masih menghadapi hambatan. Terdapat duplikasi data dalam proses pengumpulan, pengecekan, perhitungan, dan pembuatan laporan anggaran. Karena proses ini dilakukan secara manual, penyelesaian laporan memakan waktu lama dan berpotensi mengakibatkan kesalahan input data yang mengganggu akurasi anggaran. Pentingnya peran teknologi komputer tidak hanya terasa di dunia bisnis, tetapi juga di sektor pemerintahan, terutama dalam pengelolaan anggaran. Komputer berfungsi sebagai alat yang mempermudah dan menghemat waktu dalam pengolahan data anggaran.

Hasil pengisian angket yang dilakukan oleh Validator internal(ahli pakar) terhada sistem penyusunan  dan realisasi anggaran dengan metode  accrual basis berbasis web studi kasus pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabuaten Semarang. Dengan hasil skor kuesioner maka dapat dihasilkan nilai. Berdasarkan perhitungan  , dapat disimpulkan bahwa sistem dapat bekerja sesuai yang diharapkan. Hal tersebut didukung dengan hasil perhitungan nilai angket 3,6 berada di range 3,26 – 4,00 dalam skala angket, sehingga sistem ini bisa dikatakan valid.

Hasil pengisian angket yang dilakukan oleh user/pengguna terhada sistem penyusunan  dan realisasi anggaran dengan metode  accrual basis berbasis web studi kasus pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabuaten Semarang. maka diperoleh nilai uji validasi sebelum penggunaan produk

Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa sistem baru lebih efektifitas dalam mengelola data persediaan barang. Hal tersebut didukung dengan hasil perbandingan 60% untuk sistem lama dan 92% untuk sistem baru.

References

[1] Jogiyanto Hartono, 2017 : “Sistem Informasi Manajemen”, Penerbit Universiats Terbuka
[2] Wahyudi Kumorotomo dan Subando Agus Margono, 2019: Sistem Informasi Manajemen Dalam Organisasi-Organisasi Publik, Penerbit : Gadjah Mada University Press (GMUP)
[3] Warren, dkk, 2005 :Pengantar AKuntansi, Penerbit Salemba 4
[4] Soemarsono S.R, 2004 :Akuntansi Suatu Pengantar, Penerbit Rineka Cipta
[5] Munawir, 2007 : Analisa Laporan Keuangan Edisi 4, Yogyakarta Andi
[6] Mardiasmo, 2009 : Anggaran. Penerbit Yogyakarta Andi
[7] Dedi Nordiawan,2011: Akuntansi Sektor Publik, Salemba 4
[8] Munandar, 2001, Budgeting, Yogyakarta: BPFE
[9] Nafarin, Muhamad, 2000, Penganggaran Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.
[10] Yusuf, dkk. 2017. "Analisis Penggunaan Metode Pencatatan CashBasisdan Accrual Basis pada Transaksi-Transaksi di Bank Syariah. Al Amwal”, Vol 9, No1.
Published
2023-11-03
How to Cite
Sumarlin, T., & Andriana , M. (2023). EVALUASI SISTEM AKUNTANSI AKRUAL DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 124-133. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.386