ANALISIS PERSEPSI HARGA, PROMOSI, INDUSTRI PANGAN LOKAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (JAKARTA TIMUR)

  • Juwita Arfi Sayekthi Universitas Trisakti
  • Khodijah Tul Qubro Universitas Trisakti
  • Robert Kristaung Universitas Trisakti
Keywords: persepsi harga, promosi, industri pangan lokal, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis bagaimana pengaruh persepsi harga, promosi dan keputusan pembelian pada produk makanan khas Sumatera Barat yaitu Keripik Balado Shirley. Penelitian ini bertujuan untuk merangsang pengaruh persepsi harga dan efek promosi terhadap penjualan keripik balado. pengambilan sampel, digunakan metode purposive sampling yaitu metode yang didasarkan pada kriteria tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan mengambil 5 sampai 10 kali jumlah item pertanyaan yang ada. Dalam hal ini penelitian mempunyai 18 item pertanyaan, sehingga sampel minimal sebanyak 90 responden dan sampel maksimal sebanyak 180 responden. Oleh karena itu, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 responden. Dari hasil analisis deskriptif Persepsi Harga menunjukkan bahwa konsumen merasa harga produk yang tercantum sesuai dengan perkiraan konsumen sehingga harga yang tercantum sesuai dengan perkiraan konsumen. Dari hasil analisis deskriptif promosi menunjukkan bahwa konsumen suka diberikan hadiah ketika membeli produk. Dari hasil analisis deskriptif Keputusan Pembelian menunjukkan bahwa konsumen puas membeli produk Balado Shirley Chips

References

[1] P. and G. A. Kotler, Principle Of Marketing, 17th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall., 2018.
[2] H. . Sarwono, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM. Bank Indonesia Dan LPPI. 2015.
[3] A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,” J. Ilm. Ekon. Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 157–172, 2020, [Online]. Available: https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
[4] Sari et al., “Analisis Umkm Pembuatan Keripik Singkong Di Desa Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis,” Pros. Semin. Nas. Progr. Stud. Ilmu Pemerintah. Univ. Galuh, 2022.
[5] Schiffman dan Kanuk, Perilaku Konsumen, 7th ed. Jakarta: Prentice Hall, 2015.
[6] J. P. Peter and J. . Olson, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat, 2014.
[7] Y. Setyarko, “Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online,” Ekon. dan Manajemen, ISSN 2252-6226, vol. 5, no. 2, pp. 128–147, 2016.
[8] Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan 9. Rajawali Pers, 2011.
[9] P. Kotler, Marketing management. Harlow, Essex Pearson Education Limited, 2016.
[10] R. Winarsih, S. L. Mandey, and R. S. Wenas, “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu – Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 10, no. 3, p. 388, 2022, doi: 10.35794/emba.v10i3.41953.
[11] M. Arief Baehaqi, F. Ekonomu, and U. Sarjanawiyata Tamansiswa, “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen Ida Bagus Nyoman Udayana (2) Henny Welsa (3) (1)(2)(3)Prodi Manajemen,” vol. 4, no. 1, pp. 21–33, 2022.
Published
2023-10-31
How to Cite
Sayekthi, J. A., Qubro, K. T., & Kristaung, R. (2023). ANALISIS PERSEPSI HARGA, PROMOSI, INDUSTRI PANGAN LOKAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (JAKARTA TIMUR). Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 213-220. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.405