MENGAPA PARA NETIZEN MEMUTUSKAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SOMETHINC? PENGARUH INFLUENCER, LIVE STREAMING DAN PROGRAM FLASH SALE

  • Kurnia Dwi Nuraini Universitas Dian Nuswantoro
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: influencer, live streaming, program flash sale, keputusan pembelian netizen

Abstract

Industri kecantikan secara keseluruhan mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Kemampuan kritis memerlukan suatu produk atau jasa tertentu agar mampu memahami keberadaan dirinya secara utuh. Produk perawatan kulit merupakan barang kecantikan yang menandakan tumbuhnya bisnis terkait. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh influencer, live streaming, dan program flash sale terhadap keputusan pembelian netizen pada produk skincare Somethinc. Data survei awal dikumpulkan melalui link google form dan jumlah sampelnya 140 responden yang sebelumnya pernah membeli dan menggunakan skincare Somethinc menggunakan aplikasi TikTok Shop untuk penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming dan program flash sale tidak signifikan terhadap keputusan pembelian netizen, namun influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian netizen. Meskipun perusahaan telah menggunakan live streaming dan program flash sale dengan masif, nampaknya pelanggan tidak tertarik untuk melakukan pembelian. Para netizen lebih tertarik untuk membeli produk skincare Somethinc karena adanya influencer. Sebaiknya perusahaan mengkombinasikan ketiga variabel tersebut menjadi suatu program pemasaran yang komprehensif agar kinerja bisnis meningkat dan pangsa pasar semakin luas.

References

Jurnal
[1] Saputri AD, Sani EP. Pengaruh Variasi Produk dan Strategi Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Somethinc. J Ris Manaj Dan Akunt 2022;2:7–28.
[2] Riha IL, Maspiyah, Pritasari OK, Dwiyanti S. Analisis Perbandingan Minat Konsumen Remaja Putri Siswa SMK Pariwisata Terhadap Produk Kosmetik Skincare Antara Produk Lokal di Surabaya dan Produk Luar Negeri (Korea). E-Jurnal 2021;10:181–90.
[3] Sukmawati DAR, Mathori M, Marzuki A. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. J Ris Akunt Dan Bisnis Indones 2022;2:579–99. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.487.
[4] Tusanputri AV, Amron. Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce tiktok shop. J Ekon Manaj Dan Akunt 2021;23:632–9.
[5] Kusuma F fahrial RYB. Pemanfaatan Live Streaming Dalam Optimalisasi Penjualan Di PT Behaestex (Studi Kasus Pada Platform TikTok). J Pengabdi Kpd Masy 2023;3:97–100.
[6] Wahyudi R. Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK J J Ilm Bid Sos Ekon Budaya, Teknol Dan Pendidik 2022;1:563–78. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64.
[7] Christy SA, Hernawan E. Pengaruh Kualitas Produk , Peran Influencer , dan Fitur Live Streaming Sebagai Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion melalui Aplikasi Tiktok. Pros Ekon Dan Bisnis 2023;3:1–8.
[8] Wiedmann K, Mettenheim W Von. Attractiveness , trustworthiness and expertise – social in fl uencers ’ winning formula ? J Prod Brand Manag 2021;30:707–25. https://doi.org/10.1108/JPBM-06-2019-2442.
[9] Anisa, - RR, Nurul Chamidah. Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. J Komun Pemberdaya 2022;1:131–43. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230.
[10] Dukalang R, Taan H, Ismail YL. Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO J Manag Bus 2022;5:60–76.
[11] Uyuun SN, Dwijayanti R. Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB UNESA. JEMPPER J Ekon Manaj Pariwisata Dan Perhotelan 2022;1:164–74.
[12] Zhang Y, Lin Y, Lin Y. Impact of Online Influencer Endorsement on Product Sales : Quantifying Value of Online Influencer Impact of Online Influencer Endorsement on Product Sales : Quantifying Value of Online Influencer. J AIS Electron Libr 2018;44:1–8.
[13] Juliana H. Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Sinomika J 2023;1:1517–38.
[14] Matius HJ loisa; teady. Pengaruh Model Promosi Flash Sale Terhadap Minat Pembeli Dan Keputusan Pembeli Di Marketplace Online. J Ilmia MEA (Manajemen, Ekon Dan Akuntansi) 2021;5:1637–52.
[15] Zakiyyah AM, Studi P, Informasi M, Muhammadiyah U. Pengaruh flash sale terhadap pembelian impulsif online pada toko online “pulchragallery” the effect of flash sale on impulsif online purchase in the online store “pulchra gallery.” J Manaj Dan Bisnis Indones 2018;4:63–70.
[16] Pane IA, Syahril R, Maulizal A, Permatasari AC. Peran Netizen Dalam Membentuk Opini Publik ( Studi Kasus Pada Siswa SMKN 4 Bekasi ). J Pengabdi Kpd Masy 2018;1:526–32.
[17] Sari PK, Nurhajati, Basalamah MR. Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim, Terhadap Keputusan Pembelian Barang Di Marketplace Shopee. E-Jurnal Ris Manaj 2022;12:985–95.
[18] Shadrina NR, Sulistyanto Y. Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro J Manag 2022;11:1–11.
[19] Wina Aprianti KIT. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian SKincare Scarlett Whitening. JIIP (Jurnal Ilm Ilmu Pendidikan) 2022;6:1275–82.
[20] Damar H, Putra FIFS. Analisis Kriteria Pemilihan Pemasok Dalam E-Procurement pada UMKM Dengan Metode BWM-Smart. J Ris Manaj Dan Akunt 2022;2:131–9.
[21] Lili NA, Niswaty R, Baharuddin A, Akib H, Nur AC. Peran Influencer, Viral Marketing, dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal pada Followers Instagram @Somethincofficial. J Ekon (Ekonomi, Manajemen, Akuntansi) 2022;5:132–9.
[22] Aryanto VDW, Setiawan B, Andriyansah. The Effects of Brand Image on Online Perceived Quality , Online Brand Personality and Purchase Intention. Int J Econ Bus Adm 2017;V:70–80.
[23] Purwanto Y, Sahetapy L, Management PB, Manajemen PS, Bisnis F, Siwalankerto J. Pengaruh Content Marketing Pada Brand Skincare Somethinc. J Agora 2022;10:1–6.
[24] Rahmayanti S, Dermawan R. Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO J Manag Bus 2023;6:337–44. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451.
[25] Farera A, Diarya G, Raida V. Pengaruh Live Streaming TikTok Terhadap Kepercayaan Konsumen Produk Jims Honey di Surabaya dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. J Pendidik Tata Niaga 2023;11:125–33.
[26] Muhammad Rizqi Shihab, Siregar S. Pengaruh Brand Image dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian PAda Aplikasi Tokopedia (Survey Pada Followers Tiktok Tokopedia). J Ilm Wahana Pendidik 2023;9:429–34.
[27] Simanjutak O de P. Pengaruh Flash Sale Promotion dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying. E-QIEN J Ekon Dan Bisnis 2022;9:383–7.
[28] Wolff M, Tumbuan W J F A, Lintong D Ch A. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap KeputusanPembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum PerempuanMilenial Di Kecamatan Tahuna. J EMBA 2021;10:1671–81.
[29] Pratiwi M, Patrikha F. Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’I Sapiku Surabaya. J Pendidik Tata Niaga 2021;9:1417–27.
[30] Rizkiawan. pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Pembellian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi kasus Pada E-commerce Shopee). J Eksis 2020;16:66–75.
[31] Rahmani RG, Bursan R, MS M, Wiryawan D. Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk. J Ekombis Rev - J Ilm Ekon Dan Bisnis 2022;10:431–8. https://doi.org/10.23960/jbm.v18i0.408.
[32] P WAP, Ariana INJ, Arismayanti NK, Pariwisata DI V, Pariwisata F, Udayana U, et al. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan dan citra hotel melati di kelurahan seminyak kabupaten badung bali. J Kepariwisataan Dan Hosp 2017;1:65–72.
[33] Hakim ML, Indarwati TA. Pengaruh Influencer Marketing dan Nilai Emosional terhadap Niat Beli Produk Virtual Skin Pada Game Mobile Legends : Bang Bang. J Ilmu Manaj 2022;10:199–209.
[34] Devica S. Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. J Bisnis Terap 2020;4:47–56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276.
[35] Maziriri ET, Rukuni TF, Chuchu T, Tafadzwa E, Rukuni TF, Chuchu T. Cogent Business & Management Factors influencing food consumption satisfaction and purchase decisions of restaurant consumers Factors influencing food consumption satisfaction and purchase decisions of restaurant consumers. Cogent Bus Manag 2021;8:1–27. https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1968731.
[36] Waluyo A, Trishananto Y. Customer review dan influencer terhadap keputusan pembelian dengan variabel minat beli sebagai variabel intervening. Srikandi J Islam Rconomics Bank 2022;1:104–12.
Website
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/28/10-serum-wajah-paling-laris-di-e-commerce-mayoritas-brand-lokal.
Published
2024-05-30
How to Cite
Dwi Nuraini, K., & Putra, F. I. F. S. (2024). MENGAPA PARA NETIZEN MEMUTUSKAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SOMETHINC? PENGARUH INFLUENCER, LIVE STREAMING DAN PROGRAM FLASH SALE . Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 27-37. https://doi.org/10.51903/dinamika.v4i1.417