INVESTIGASI FAKTOR-FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA BRAND SCARLETT WHITENING

  • Nining Nurul Aini Universitas Dian Nuswantoro
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: Kata Kunci: Viral Marketing, Celebrity Endorser, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisa viral marketing, celebrity endorser, serta inovasi produk terhadap keputusan pembelian pelanggan pada brand Scarlett Whitening. Jumlah populasi pada penelitian ini sejumlah 100 responden yang berada di wilayah Magelang dan Semarang. Teknik purposive sampling dipakai guna memperoleh sampel yang selaras pada syaratnya. Metode analisis penelitian menggunakan uji reliabilitas, validitas, t, f, analisa regresi linier berganda, serta koefisien determinasi. Alat analisanya memakai IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta inovasi produk secara parsial berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil seluruh variabel yaitu viral marketing, celebrity endorser, dan inovasi produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan brand Scarlett Whitening.

Kata Kunci: Viral Marketing, Celebrity Endorser, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

References

[1] D. S. D. Wardani and A. Maskur, “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening,” Jesya, vol. 5, no. 2, pp. 1148–1160, 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i2.689.
[2] N. Amelia, D. P. B. Sakti, and L. E. H. Mulyono, “Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Menggunakan Media Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whittening,” Unram Manag. Rev., vol. 2, no. 2, pp. 181–191, 2022, doi: 10.29303/ju.v2i2.258.
[3] A. Kadarningsih, I. R. Demi Pangestuti, S. Wahyudi, and J. Safitri, “The role of audit committee of GCG in increasing company value through ROA,” Acad. J. Interdiscip. Stud., vol. 9, no. 4, pp. 15–22, 2020, doi: 10.36941/ajis-2020-0057.
[4] L. N. E. Wiyanti, “Pengaruh Marketing Viral Dan Influencer Terhadaap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Dalam Aplikasi Tiktok Shop,” Senmea, vol. xx, no. xx, pp. 530–538, 2022.
[5] A. L. Fajriah, A. Idris, and U. Nadhiroh, “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.38043/jimb.v7i1.3218.
[6] C. K. Arista and K. Fikriyah, “Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kabupaten Sidoarjo,” J. Ekon. Syariah Teor. dan Terap., vol. 9, no. 4, pp. 453–466, 2022, doi: 10.20473/vol9iss20224pp453-466.
[7] S. M. Inggasari and R. Hartati, “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening,” Cakrawangsa Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 1–22, 2022.
[8] R. Taufiqah and O. Y. Sari, “Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Lokal Produk Serum Scarlett Whitening,” Cakrawala Repos. IMWI, vol. 6, no. 1, pp. 336–347, 2023, doi: 10.52851/cakrawala.v6i1.248.
[9] D. Ernawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung,” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), vol. 7, no. 1, p. 17, 2019, doi: 10.20527/jwm.v7i1.173.
[10] M. Selvia, A. L. Tumbel, and W. Djemly, “the Effect of Price and Product Quality on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Students of the Faculty of Economics and Business Sam Ratulangi Manado University,” Emba, vol. 10, no. 4, pp. 320–330, 2022.
[11] M. T. Dotulung, W. A. Areros, and L. F. Tamengkel, “Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Unsrat,” Productivity, vol. 4, no. 3, pp. 371–382, 2023.
[12] C. E. Ruslim and R. E. Setianingsih, “The Influence of Viral Marketing and Celebrity Endorser Song Joong Ki on Consumers Purchase Intention of Scarlett Whitening Skincare Products in Jakarta,” Glob. Res. Econ. Business, Commun. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 3–13, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/grebuci/article/view/970
[13] A. Fajriyah and N. B. Karnowati, “Pengaruh Viral Marketing , Electronic Word Of Mouth , dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap Pengaruh Viral Marketing , Electronic Word Of Mouth , dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap,” 16th Univ. Res. Colloqium, vol. xx, no. xx, pp. 98–112, 2022, [Online]. Available: http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2300/2261
[14] D. G. A. W. A. Devanagiri and N. M. Rastini, “Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa Di Kota Denpasar),” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 11, no. 11, p. 1873, 2022, doi: 10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p02.
[15] M. Mahmud and F. I. F. S. Putra, “Measuring e-satisfaction performance based on customer smart shopping feeling and confident,” J. Manaj. Ind. dan Logistik, vol. 6, no. 2, pp. 271–283, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.poltekapp.ac.id/index.php/JMIL/article/view/1080%0Ahttps://jurnal.poltekapp.ac.id/index.php/JMIL/article/download/1080/pdf
[16] J. B. Guterres Riu, I. Udayana, and L. T. H. Hutami, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ‘Scarlett Whitening,’” Transform. Manag. Journal Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 240–256, 2022, doi: 10.47467/manageria.v3i2.2295.
[17] S. Serpiana, E. Maszudi, R. S. Hamid, P. Dewintari, and K. P. Wardani, “Pengaruh Viral Marketing, Media Pemasaran online, kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Tiktokshop,” JESYA (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 6, no. 2, pp. 1359–1367, 2023.
[18] Y. J. Azizah and K. Fikriyah, “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening Di Surabaya,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 37–47, 2023, doi: 10.15575/jim.v4i1.23552.
[19] R. S. R. Hutagaol and F. A. Safrin, “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening,” J. Soc. Res., vol. 1, no. 7, pp. 761–772, 2022, doi: 10.55324/josr.v1i7.147.
[20] N. J. Katiandagho and H. Hidayatullah, “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop,” Sains Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 13–27, 2023, doi: 10.30656/sm.v9i1.5886.
[21] A. N. Nabilah and N. Anggrainie, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Brand Awareness, Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 3, pp. 728–736, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.3597
Published
2024-05-30
How to Cite
Aini, N. N., & Putra, F. I. F. S. (2024). INVESTIGASI FAKTOR-FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA BRAND SCARLETT WHITENING. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 71-81. https://doi.org/10.51903/dinamika.v4i1.432