BUSINESS INTELLIGENCE DAN KESUKSESAN BISNIS di ERA DIGITAL

  • Vivi Kumalasari Subroto Universitas Sains Dan Teknologi Komputer
  • Eni Endaryati Universitas Sains Dan Teknologi Komputer

Abstract

BI atau Business Intelligence adalah sebuah profesi yang bertugas mengolah dan menganalisis data yang berkaitan dengan bisnis sehingga dapat membantu perusahaan menghasilkan keputusan yang tepat. Hasil akhir dari proses tersebut meliputi kebutuhan industri, gambaran keuntungan, strategi pemasaran yang tepat dan pengambil ketetapan lainnya. Seorang analis dapat memanfaatkan business intelligence untuk memberikan kinerja dan tolak ukur pesaing untuk membuat perusahaan berjalan lebih lancar dan lebih efisien. Analis juga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan. Jika pada lembaga bisnis, business intelligence dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja melalui pemilihan strategi bisnis yang tepat, maka pada lembaga non-profit, business intelligence dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui peningkatan efisiensi pelaksanaan kerja sehingga pada akhirnya akan tercipta perbaikan layanan pada masyarakat serta pengelolaan anggaran yang tepat.

Pada era digital ini, bisnis online memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bisnis yang offline. Maka, apabila pelaku usaha online tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif, maka usahanya akan jauh tertinggal dengan pelaku bisnis yang baru. Sistem informasi penjualan untuk mengukur kinerja pendapatan, grafik harga saham, dan hampir semua aplikasi yang memiliki dashboard merupakan penerapan dari business intelligence. Hampir semua platform bisnis digital di Indonesia sudah menggunakan teknologi BI. Bisnis UMKM juga perlu didorong untuk menggunakan teknologi BI agar dapat melihat perkembangan segmentasi pasar dan meningkatkan penjualan. Sedangkan untuk bisnis startup di Indonesia, rata-rata sudah menggunakan BI dashboard dalam proses aplikasi bisnisnya.

Published
2021-10-27
How to Cite
Subroto, V. K., & Endaryati, E. (2021). BUSINESS INTELLIGENCE DAN KESUKSESAN BISNIS di ERA DIGITAL. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 1(2), 41 - 47. https://doi.org/10.51903/dinamika.v1i2.45