PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MCDONALD'S SEMARANG

  • Azahra Adinda Maharani universitas dian nuswantoro
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Universitas Dian Nuswantoro
  • Vincent Didiek Wiet Aryanto Universitas Dian Nuswantoro
  • Rudi Kurniawan Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan , Kepuasan Konsumen

Abstract

ABSTRACT

The growth of the both traditional and fast-food culinary sector has been rapid and to maintain consumer satisfaction, it is a crucial factor for determining the progress of culinary business growth. Therefore, the objective of the study is to examine the influence of prices, promotions, and quality of service on consumer satisfaction at McDonald's Restaurant Semarang. The data was collected through the completion of questionnaires and it was analysed by using the double linear regression. The research findings indicate that the factors of price, promotion, and quality of service affect significant impact on consumer satisfaction at McDonald's Restaurant Semarang. Through the partial test, it revealed that consumer satisfaction is significantly impacted by both promotion and quality of the service, while the price has no significant influence on customer satisfaction.

 

ABSTRAK

Perkembangan industri kuliner terjadi dengan sangat pesat dan tidak terbatas pada makanan tradisional, namun juga restoran cepat saji. Kepuasan konsumen menjadi indikator penting dalam menentukan arah pengembangan bisnis kuliner. Tujuan riset ini ialah guna menganalisis dampak harga, promosi, dan kualitas pelayanan akan kepuasan konsumen restoran McDonald’s Semarang. Data diperoleh dari pengisian kuisioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Keluaran penelitian mengunjukkan bahwa harga, promosi, dan kualitas pelayanan mempunyai dampak signifikan secara simultan akan kepuasan konsumen restoran McDonald’s Semarang. Uji Parsial (Uji t) mendapati bahwa promosi dan kualitas pelayanan mempunyai dampak signifikan akan kepuasan konsumen sementara harga tidak mempunyai dampak signifikan akan kepuasan konsumen.

 

References

Al Ridho, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Fastfood Indonesia, Tbk (Studi Kasus Kfc Cabang Bg Junction Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(6).
Alfandy, A. M., & Aryanto, V. D. W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Provider Telkomsel Prabayar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11212–11223.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Ariq Yuda Prasetya; Tri Indra Wijaksana. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDUNG. e-Proceeding of Management, 8(5).
Chandra Lauwren, & Dr. Ir. Bilson Simamora, M. . (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran McDonald’s Artha Gading, Jakarta Utara. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Garoda, I. S. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Mcdonald’s Cijantung. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3109
Hadita, D. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431
Jentrasaswin, G. P., Wiranatha, A. A. P. A. S., & Satriawan, I. K. (2018). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN DI RESTORAN CEPAT SAJI McDONALD’S CABANG ROBINSON, DENPASAR. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, 6(2). https://doi.org/10.24843/jrma.2018.v06.i02.p04
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15e édition. In New Jersy: Pearson Education.
Kuwat, R., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 1(01). https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73
Nugroho, E., Santoso, H. B., & Safi’i, I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. JURMATIS : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri, 2(2). https://doi.org/10.30737/jurmatis.v2i2.953
Samroh, Aslamiyah, S. N., & Aviantono, B. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Mcdonald’s Grand Kota Bintang Bekasi. PARAMETER, 7(1). https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.223
Siti Nurhalimah, Leonardo Budi Hasiholan, S., & Dra cicik Harini, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal of Management, 4(4).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. E-Jurnal Ekonomi danBisnis Universitas Udayana, 11.
Suyono, Mario Paska Halim, Mukhsin, P. A. (2020). ANALYSIS OF THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON COSTUMER SATISFACTION AT MCDONALD’SPEKANBARU(Vol.5,Nomor1). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
Taufan, M. (2019). MCDONALD’S SEBAGAI AKTOR PEMBENTUK FAST FOOD BRANDING ALA AMERIKA DI INDONESIA MCDONALD’S AS THE ACTOR OF SHAPING THE AMERICAN STYLE FAST FOOD BRANDING IN INDONESIA.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa-prinsip dan penerapan. In Penerbit Erlangga.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. In Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan.
Trinaldi, G. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MC DONALD’S BASUKI RAHMAT SURABAYA Djawoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Wijaya, V. A. (2020). ANALISIS KESALAHAN TATA KELOLA RUPBASAN. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2). https://doi.org/10.53489/jis.v2i2.21
Wiramawan, T. H., & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh Price, Promotion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Aplikasi Konsumen Mcdonald’s Di Jakarta). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi), 6(2), 242–252. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.202
Yulianto, D. A. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken ( Kfc ) Surabaya. Jurnal Manajemen.
Published
2024-05-31
How to Cite
Adinda Maharani, A., Ibnu Fitroh Sukono Putra, F., Didiek Wiet Aryanto, V., & Kurniawan, R. (2024). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MCDONALD’S SEMARANG. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 253-263. https://doi.org/10.51903/dinamika.v4i1.473