PENGARUH DIGITAL MARKETING, EELCTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THE ORIGINOTE DI KOTA BATAM

Authors

  • Monika Samanthawina Belan Universitas Putera Batam
  • Nur Elfi Husda Universitas Putera Batam

Keywords:

digital marketing, ewon, brand image, purchasing decision

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing, electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian skincare The Originote di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan sampel diambil dari 105 responden yang pernah membeli sunscreen The Originote. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan menggunakan software SPSS versi 29 untuk analisis data meliputi uji kualitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Nilai Adjusted R Square sebesar 82,1% menunjukkan bahwa faktor digital marketing, electronic word of Mouth dan brand image secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Adanya variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini ditunjukkan oleh sisanya sebesar 17,9%. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu digital marketing, electronic word ofmouth dan brand image mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian The Originote di Kota Batam.

References

[1] Nabilah, A. N., Burhanudin, B., & Fitria, D. (2023). ANALISIS PENGELOLAAN USAHA PRODUK KECANTIKAN PADA LADY BEAUTY HOUSE. Jurnal USAHA, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.30998/juuk.v4i1.1847

[2] Diniyah, N., Hanum, F., & Apriantika, S. G. (2023). Transformasi Nilai Maskulinitas Laki-Laki Pengguna Kosmetik. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 12(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.58087

[3] Omar, A. M., & Atteya, N. (2020). The Impact of Digital Marketing on Consumer Buying Decision Process in the Egyptian Market. International Journal of Business and Management, 15(7), 120. https://doi.org/10.5539/ijbm.v15n7p120

[4] Margaretha. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KESADARAN MEREK (SURVEI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @FORE COFFEE). Journal of Accounting and Business Studies, 6(1). https://doi.org/10.61769/jabs.v6i1.514

[5] Suryani, R., & Suyaman, D. J. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DI KARAWANG. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(3), 297–306. https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.496

[6] Kokila, V., & Sampathlakshmi, N. (2022). Impact of Word of Mouth Communication on Consumer Purchase Decision. Journal of Business Thought, 95–104. https://doi.org/10.18311/jbt/2022/30023

[7] Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

[8] Monfared, A. R. K., Ghaffari, M., Barootkoob, M., & Malmiri, M. M. (2021). The role of social commerce in online purchase intention: mediating role of social interactions, trust, and electronic word of mouth. J. for International Business and Entrepreneurship Development, 13(1), 22. https://doi.org/10.1504/JIBED.2021.112264

[9] P., I. I. R., A., A., & Anbalagan, S. (2023). Influences of Digital Marketing in the Buying Decisions of College Students in Ramanathapuram District, Tamilnadu, India. International Journal of Engineering, Business and Management, 7(6), 12–19. https://doi.org/10.22161/ijebm.7.6.3

[10] Aryani, M. (2021). ANALISIS DIGITAL MARKETING PADA HOTEL KILA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. In Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP UNDIKMA (Vol. 6).

[11] Bilal, M., Jianqiu, Z., Dukhaykh, S., Fan, M., & Trunk, A. (2021). Understanding the effects of ewom antecedents on online purchase intention in China. Information (Switzerland), 12(5). https://doi.org/10.3390/info12050192

[12] Suci Armanis. (2023). Pengaruh E-Wom Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Ulang. DINAMIKA PUBLIK : Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(4), 44–54. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i4.408

13] Apriastuti, N. M. D., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE DI KOTA DENPASAR. Jurnal EMAS, 3.

[14] Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115

[15] Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Maneggio, 4(1).

[16] Tjiptono, A., & Diana, A. (2020). Pemasaran (1st ed.). ANDI.[17] Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK REVLON (Studi

Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41293

[18] Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK EMINA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524

[19] Kusumajaya, R., & Rivai, A. (2019). PENGARUH CITRA LEMBAGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN KOMITMEN RELASIONAL DAN DAMPAKNYA PADA POSITIVE WORD OF MOUTH. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 14(2).

[20] Maria Kaban, L., Khong, R., Shu, E., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Small Business Management and Financial Literacy for Young Entrepreneurs. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i2.2449

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

PENGARUH DIGITAL MARKETING, EELCTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THE ORIGINOTE DI KOTA BATAM. (2024). Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(2), 167-174. https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/dinamika/article/view/537