Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Komitmen Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial

  • Anindya Nur Arifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti (UPS), Tegal, Indonesia
  • Lisa Nuriyatul Azizah UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Keywords: Kinerja Manajerial, Akuntansi Pertanggungjawaban, Komitmen Organisasi, Kompetensi

Abstract

Kinerja meruapakan pengukuran yang dapat dimanfaatkan untuk menitik beratkan perilaku dan sikap yang tidak seharusnya terjadi serta menanamkan perilaku yang sesungguhnya diinginkan. Kinerja manajerial merupakan perihal yang sangat penting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan pada sebuah perusahaan. Kinerja manajerial menjadikan nilai tambah dalam peningkatan kerja yang dilakukan dengan baik. Perusaahaan seringkali melakukan tindakan maupun penerapan – penerapan terhadap kinerja manajerial untuk meringankan pekerjaannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkuat bukti dari adanya pengaruh penerapan akuntansi pertanggungjawaban, komitmen organisasi, dan kompetensi terhadap kinerja manajerial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mengambil sampel dari beberapa kinerja manajerial pada perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan kuantitatif  dengan hasil dari data kuesioner dan menggunakan data kualitatif menurut daftar pernyataan responden pada kuesioner.

References

Anita Dyah Pamulatsih, Bambang Widarno, S. (2018). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 21(1), 1546–1554.

Asdani, A., & Handayawati, K. U. (n.d.). Analisis Leader Member Exchange , Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial. 141–171.



Cahyani, K. N., & Damayanthi, I. G. A. E. (2019). Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial. E-Jurnal Akuntansi, 28, 270. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i01.p11


Hariyanto, A. (n.d.). Pengaruh Motivasi , Kompensasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bappeda Kabupaten Bantaeng The Influence Of Motivation , Compensation And Competence On Employee Performance At Bappeda Bappeda Office. 1(2), 183–197.

Jero Komang Hita Wasana, I. gde A. W. (2015). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Komitmen Organisasi Pada Kinerja Manajerial Bank Perkreditan Rakyat Sekabupaten Gianyar. E-Jurnal Akuntansi, 13(3), 828–856.

Made, N., Sumariyani, R., & Sukma, P. (2020). Pengaruh Akuntansi Pertanggungjawaban , Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Hotel Berbintang. 10(2), 214–223.

Ruth Tridianty Sianipar, Robert Tua Siregar, Hery Pandapotan Silitonga, K. P. A. P. (2020). DAMPAK PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAULI PEMATANGSIANTAR. 6(June), 87–95.
Published
2022-05-20
How to Cite
Nur Arifah, A., & Nuriyatul Azizah, L. (2022). Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Komitmen Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1), 49-56. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.76