Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pelaporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM di Masa Pandemi Covid 19

  • Carmidah Carmidah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Atika Riasari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Thoyibatun Nisa Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: Digital Marketing, Laporan Keuangan, UMKM

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu warga untuk memanfaatkan media sosial untuk digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran berbasis digital yang mudah digunakan dan memberikan pelatihan pencatatan keuangan yang sederhana dan benar sesuai ketentuan pembukuan untuk UMKM. Lokasi pengabdian yang dilakukan berada di Kampung Lebah Yosomulyo yang merupakan usaha rintisan warga RT 22 RW 08 Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro Lampung. Metode pengabdian yang digunakan dengan pelatihan pembuatan iklan pada platform marketplace di media sosial yang dimiliki warga dan pengenalan serta praktik mandiri pencatatan keuangan sederhana untuk transaksi pada UMKM. Hasil yang didapatkan dalam pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman menggunakan dan pemanfaatkan media sosial yang dimiliki warga untuk kegiatan komersil yaitu pemasaran produk secara mudah dan cepat. Hasil pendampingan penyusunan pelaporan keuangan sederhana adalah meningkatkan pemahaman dan ketelitian dalam melakukan penyusunan laporan sehingga dari setiap pengeluaran yang digunakan untuk kegiatan usaha dapat dikalkulasi untuk menentukan harga jual produk madu. 

 

 

References

M. Tri Mulyaningsih, Lely Ratwianingsih, Arif Rahman Hakim*, “Pelatihan Digitalisasi Dan Pengelolaan Produk Umkm Makanan Halal Tradisional Di Sukoharjo,” 2021.

R. L. Batu, B. N. Sari, and N. Sumule, “Penerapan Digital Marketing dan Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan bagi UMKM,” … J. Pengabdi. Kpd. …, vol. 4, pp. 337–345, 2021, [Online]. Available: http://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/941.

A. Machfuzhoh and I. Utami, “Janayu,” vol. 1, no. 2, pp. 109–116, 2020, doi: 10.22219/janayu.v1i2.12143.

Published
2021-07-12
How to Cite
Carmidah Carmidah, Atika Riasari, & Thoyibatun Nisa. (2021). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pelaporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 01-04. https://doi.org/10.51903/community.v1i2.167