PENGUATAN USAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA DAN DIGITALISASI DI PASAR KULINER YOSOMULYO PELANGI (PAYUNGI)

  • Thoyibatun Nisa IAIN Metro
  • Carmidah Carmidah IAIN Metro
  • Atika Riasari IAIN Metro
  • Lella Anita IAIN Metro
Keywords: Pembukuan, Pasar Kuliner, Digitalisasi

Abstract

Banyak UMKM di pedesaan kususnya di pasar-pasar masih belum mencatat pembukuan usahanya dengan baik kususnya dalam hal pencatatan transaksi-transaksi usaha, selain itu juga dari segi pemasaran produk masih sangat tradisional hanya dengan mengandalkan kepercayaan mulut ke mulut sehingga pengenalan ke khalayak luas masih sangat minim. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertitiktolak pada pendampingan masyarakat pemilik UMKM yang ada di Pasar Yosomulyo Pelangi (PAYUNGI) melalui Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Teknik Pemasaran Digital dalam upaya peningkatan keahlian UMKM dalam mengelola keuangan maupun meningkatkan pendapatan usaha. Tujuan dari kegiatan ini meberikan pendampingan dan pelatihan penyusunan laporan keuangan dan pemasaran digital.

 

References

Johnny G. Plate. 2020. Menteri Kominfo, https://aptika.kominfo.go.id.

Ramayani Yusuf,dkk. 2021. Pencatatan Sederhana dan Penyusunan Laporan Keuangan Manual Untuk Konveksi Rumah Rajut Dusun Babakan Cianjur Kabupaten Bandung, Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan; Volume 3 Nomor 2.

Samryn. 2015. Pengantar Akuntansi Buku 2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Andi Gunawan. 2019. Digital Marketing. Jakarta: Celebes Media Perkasa.

Published
2021-03-13
How to Cite
Thoyibatun Nisa, Carmidah Carmidah, Atika Riasari, & Lella Anita. (2021). PENGUATAN USAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA DAN DIGITALISASI DI PASAR KULINER YOSOMULYO PELANGI (PAYUNGI) . Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 08-13. https://doi.org/10.51903/community.v1i1.172