MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWI KELAS XI IPA 3 MA. ZAINUL HASAN 1 GENGGONG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF

Authors

  • Muhammad Hasan Assuyuti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nanang Qosim Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Lailatul Fitria Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.51903/community.v2i3.247

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan sebuah materi pelajaran yang menyuguhkan cerita masa lalu tentang Islam. Problematika peserta didik yang enggan memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam karena metode pembelajaran yang terkesan membosankan. Penelitian ini dilakukan untuk mendongkrak minat siswi kelas XI IPA 3 MA. Zainul Hasan 1 Genggong pada mata pelajaran satu ini, bukan hanya sekedar tahu sesaat namun dapat memahami dengan benar mengenai sejarah yang telah terjadi di Islam. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong pada kelas XI IPA 3 dengan jumlah 23 siswi. Hasil dari penelitian ini adalah sekalipun metode yang digunakan metode ceramah namun dipadukan dengan cara berinteraktif kepada peserta didik menghasilkan pemahaman yang lebih meningkat daripada hanya ceramah saja. Peserta didik mampu menyebutkan beberapa situs sejarah pada masa Dinasti Abbasiyah, menjawab pertanyaan lisan tentang Dinasti Umayyah, dan lain sebagainya mengenai dua Dinasti Islam besar tersebut. Hal ini dibuktikan dengan sebuah tes lisan kepada beberapa dan seluruh siswi yang dilakukan penulis terhadap siswi kelas XI IPA 3 MA. Zainul Hasan 1 Genggong.

Kata Kunci: Metode ceramah interaktif, Sejarah Kebudayaan Islam

References

1] Al-Ghozali. Alala Tanalu ‘Ilm. Lirboyo- Kediri

[2] Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2016

[3] Indrawati & Setiawan. . Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). 2009

[4] Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, cet ketiga, Jakarta, Kalam Mulia, 2001.

[5] Riandari. Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-B Semester 4 pada Mapel Biologi melalui Guided Inquiry di SMP Negeri 26 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2012.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWI KELAS XI IPA 3 MA. ZAINUL HASAN 1 GENGGONG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM MELALUI METODE CERAMAH INTERAKTIF. (2022). Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 72-78. https://doi.org/10.51903/community.v2i3.247