Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkatkan Pelayanan Siswa di Ma Zainul Anwar Alas Sumur Kraksaan
DOI:
https://doi.org/10.51903/community.v2i3.255Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengelola Manajemen Tata Usaha untuk Meningkatkan Pelayanan Siswa di MA Zainul Anwar Alas Sumur Kraksaan, yang di dalamnya termasuk bagaimana perencanaan, Pelaksanaan dam evaluasi dalam meningkatkan pelayanan siswa di MA Zainul Anwar Alas Sumur Kraksaan. Permsalahan tersebut menggunakan metode kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Dalam hasil penelitian ini, perencanan tata usaha untuk meningkatkan pelayanan siswa di MA Zainul Anwar Alas Sumur Kraksaan dilakukan dengan proses yang sistematis, yaitu pengelola tata usaha sekolah menggunakan para guru dan staf untuk rapat bersama yang sesuai dengan kebutuhan siswa, pelaksanaan tata usaha untuk meningkatkan pelayanan siswa di Ma Zainul Anwar Alas Sumur Kraksaan yaitu dengan mengoptimalkan sumber daya tata usaha yang ada dan melihat kebutuhan serta pengembangannya. Sehingga prosesnya bisa berjalan baik dan madrasah bisa merealisasikan dengan tenaga pegawai yang profesional. Evaluasi tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di MA Zainul Anwar Alas Sumur Kulon Kraksaan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam enam bulan, dengan cara melibatkan para guru dan staf untuk melaporkan berkaitan dengan pelaporan pelayanan, yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan.
References
Faizi, M. F.,(2017) Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif
Muhlis, M. (2016). Pengelolaan Ketatausahaan, Layanan Administrasi Akademik. Administrasi Pendidikan, 7.
Tiara, H., Ananiah, & Darwis. (2018). Implementasi Manajemen Tata Usaha di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 5(2), 81–94.