PENGUATAN ENTREPRENEURSHIP SISWA SISWI SMKN 6 SUKOHARJO SEBAGAI CALON ENTREPRENEUR MUDA
DOI:
https://doi.org/10.51903/community.v3i1.343Keywords:
kewirausahaan, penilaian diri, komunikasi bisnis, bisnis model canvas, strategi bisnis , modal usahaAbstract
Lulusan SMK yang diharapkan memiliki kualifikasi pengetahuan, kecakapan dan keahlian ternyata masih banyak kendala dan tantangan. Ada kesenjangan (gap) antara pengetahuan dan ketrampilan para lulusan SMK dengan spesifikasi keahlian yang diminta dunia kerja. Pemerintah terus mendorong akselerasi pengembangan ekosistem kewirausahaan untuk mempercepat pemulihan dan pembangunan ekonomi. Perrguruan tinggi dapat berkontribusi dalam meningkatkan minat siswa SMK terhadap entrepreneurship berdasarkan pengetahuan dan inovasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM) melakukan Pengabdian Kepada Masyrakat untuk mengedukasi pentingnya pengenalan entrepreneurship kepada siswa-siswi SMKN 6 Sukoharjo. Penguatan kewirausahaan yang efektif dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kecakapan siswa siswi sebagai calon entrepreneur muda dengan memberikan penyuluhan membahas penilaian diri sebagai modal emtrepreneurship, cara berkomunikasi yang efektif dalam berbisnis, rencana bisnis model canvas, strategi berbisnis di era digital dan modal usaha untuk keberlangsungan bisnis.