Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat Dengan Konsep One Village One Product Pada Program Merdeka Jilid 6 Guna Meningkatkan Citra Inovasi Produk Desa di Desa Kelungkung Kabupaten Sumbawa
DOI:
https://doi.org/10.51903/community.v3i2.350Keywords:
the merdeka program volume 6, OVOP, Kelungkung VillageAbstract
Desa Kelungkung banyak memiliki potensi dari segi pengembangan produk unggulan lokal. Permasalahan muncul yaitu bagaimana menggali potensi tersebut agar terangkat dan menjadikan icon unit bagi Desa Kelungkung. Potensi produk yang ditampilkan dalam kegiatan ini hanyalah segelintir dari potensi - potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Kelungkung. Harapan dari hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Program Merdeka Jilid 6. Ada dua produk unggulan Desa Kelungkung yang berhasil ditampilkan atau dihasilkan dalam program merdeka jilid 6 ini yaitu: Teh Kasep atau teh kayu sepang dan Lulur Seme Babak atau LUSEBA. Ini merupakan hanyalah awal sebagai pembuka keberlanjutan unutk membantu Desa Kelungkung dalam mengembangan diri dari segi ekonomi dalam tema one village one product melalui program merdeka jilid 6. Besar harapan para pelaksana kegiatan pemberdayaan masyarakat ini agar dikembangkan lagi pada program merdeka jilid keberikutnya dengan tujuan akhir yaitu membangun ekonomi dari desa.
References
[2] Hisrich, Robert D, Peters, Michael P, dan Sheperd, Dean A. (2008). Kewirausahaan.McGraw- Hill, Penerbit Salemba Empat,New York.
[3] Ed. Drucker, P.F. (1985). Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principles, New York.
[4] Tajuddin, Muhammad dan Abd. Manan.( 2017). Model Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Online Dalam Mendukung Pariwisata. Jurnal Matrik Vol. 17 No. 1 hal 66-79.