Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Belajar Desain Grafis berbasis Motion Graphic Untuk Kelas X SMK Diponegoro Banyuputih
DOI:
https://doi.org/10.51903/community.v3i3.379Keywords:
Media pembelajaran, Pembelajaran interaktif, Desain Grafis metode Motion GraphicAbstract
Proses belajar mengajar ada pula guru yang mengajarkan hanya dengan menggunakan media presentasi, namun hal ini membuat siswa cepat bosan. Siswa kesulitan untuk menangkap maksud dari penjelasan guru. Terlebih jika mata pelajaran yang mengandung praktikum tersebut diajarkan pada jam siang atau sore hari ketika siswa sudah mulai merasa lelah. mata pelajaran Desain Grafis Kelas X Smk Diponegoro Banyuputih yang beralamat Jalan Lapangan 9A, Desa Banyuputih, Kec. Banyuputih, Kab. Batang. Dalam penyampai masih menggunakan metode ceramah menjadikan praktek yang mempersulit pemahaman siswa digantikan dengan yang mudah dipahami seperti pembelajaran interaktif yang dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dilakukan agar siswa mampu menyerap materi dengan cepat dan tidak jenuh dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Di dalam media pembelajaran interaktif ini juga terdapat video tutorial yang berisi materi pertemuan dan juga latihan agar dapat mengevaluasi hasil belajar siswa dengan mengembangkan metode Motion Graphic yang digunakan dalam pembelaran lebih intektif karena terdapat animasi yang ada di dalam media tersebut
References
[2] Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.
[3] Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., & Laili, R. N. (2022). Strategi pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
[4] Casofa, F., & Isa, A. (2022). Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Bumi Aksara.
[5] Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3649-3656.
[6] Roring, R. S., Gunawan, T. I., & Samponu, Y. B. (2022). Dasar dan Teori Sistem Multimedia. JIU Press.
[7] Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi Motion Graphics dinamika litosfer pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168-177.
[8] Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, D., Suhartati, T., Haruna, N. H., & Arhesa, S. (2022). Belajar dan pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
[9] Saputra, R. D., & Wibawa, S. C.,(2020). Studi literatur pengembangan Motion Graphic video sebagai tren media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 371-379.
[10] Widya D. & Darmawan, 2018; “Pengantar Desain Grafis”, Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud RI.
[11] Yazdi, M. (2019). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Foristek, 2(1)
[12] Setiadi, T. (2023). E-Learning Dalam Pembelajaran Multimedia Interaktif. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-259
[13] Setiadi, T., Fajri, L. R. H. A., & Ilhami, S. D. (2023). Penerapan Sistem Informasi Untuk survei Marketplace dalam Bisnis Keatif UMKM Berbasis E-commerce. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 16-29
[14] Setiadi, T., & Siswanto, E. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bagi Guru Ra Al Muhtadin Langenharjo Kendal: Penerapan Metode Inquiry. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2(2), 51-59
[15] Setiadi, T., Rajendra, L., & Ilhami, S. D. (2023). PENERAPAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG STATEGI PROMOSI UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3837-3842