Pelatihan Diklat Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio untuk Guru dan Dosen pada Perkumpulan Profesi Multimedia dan Teknologi Informasi (PPMultindo)

Authors

  • Nur Rokhman Universitas Dian Nuswantoro
  • Cahaya Jatmiko Universitas Dian Nuswantoro
  • Sindhu Rakasiwi Universitas Dian Nuswantoro
  • Heru Lestiawan Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.51903/community.v3i3.415

Keywords:

pelatihan visualisasi data, media pembelajaran, google data studio

Abstract

Situasi pandemic COVID-19 membuat dunia pembelajaran perlu penyesuaian cepat salah satunya dalam pembuatan media pembelajaran, dimana guru dan deosen berperan dalam menyajikan metode-metode dengan pemanfaatan teknologi informasi salah satunya melalui media pembelajaran. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom ini menitikberatkan pada Pelatihan Membangun Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio berwawasan teknologi agar dimiliki dan dikuasai guru dan dosen sebagai tenaga pendidik pada Perkumpulan Profesi Multimedia dan Teknologi Informasi (PPMultindo). Pelatihan ini juga mengubah pola pikir bahwa membuat media pembelajaran adalah sesuatu yang rumit dan membosankan dikarenakan tidak banyaknya guru dan dosen yang berkompetensi di bidang teknologi informasi, menjadi mudah dan menyenangkan. Hasilnya para guru dan dosen mempunyai kemampuan dasar untuk membuat media pembelajaran dan mengembangkannya dengan visualisasi data menggunakan Google Data Studio dan siswa nantinya dapat secara interaktif untuk mengaksesnya dan dapat meningkatkan pemahaman materi yang diberikan.

References

[1] T. Tahir et al., Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19, 1st ed. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2020.
[2] D. Anantiwi and A. J. Harianja, “Inovasi Pendidikan sebagai Antisipasi Penyebaran COVID-19,” J. Inov., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, Apr. 2021.
[3] M. G. Rohman and P. H. Susilo, “Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda,” J. Reforma, vol. 8, no. 1, p. 173, 2019, doi: 10.30736/rfma.v8i1.140.
[4] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 1st ed. Jakarta: Prenadamedia, 2016.
[5] D. Fernando, “Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 71–77, 2018, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/view/808
[6] D. Nurlaily, M. Silfiani, S. P. Sari, and A. T. Amrullah, “Pelatihan Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio,” Jompa Abdi J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 161–166, 2022.
[7] T. Tumini and E. S. Subekti, “Implementasi Business Intelligence untuk Menganalisis Data Proses Manufaktur Menggunakan Google Data Studio,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Komun., vol. 3, no. 3, pp. 143–151, 2023.
[8] Q. Aulassyahied, A. R. Fauzi, and Y. Falihah, “Pemanfaatan Google Data Studio dalam Visualisasi Biografi Periwayat Hadis,” Masy. Berdaya dan Inov., vol. 3, no. 2, pp. 138–144, 2022.
[9] N. Azis, A. J. Wahidin, P. A. Cakranegara, A. Muditomo, and E. Efendi, “Visualization of Tourist Visit Time Series Data using Google Data Studio,” J. Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 2153–2159, 2022.
[10] D. Misnawati, T. Duha, A. R. Sari, G. Al Haddar, and I. H. Kusnadi, “Data Visualization of the Number of Foreign And Domestic Tourist Visits to East Nusa Tenggara Using Google Data Studio,” INFOKUM, vol. 10, no. 4, pp. 1–9, 2022.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Pelatihan Diklat Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio untuk Guru dan Dosen pada Perkumpulan Profesi Multimedia dan Teknologi Informasi (PPMultindo). (2023). Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 54-60. https://doi.org/10.51903/community.v3i3.415