Pembuatan Desain Logo Sebagai Ikon Baru Bagi Kampung Batik Rejomulyo Semarang

  • Gustina Alfa Trisnapradika Universitas Dian Nuswantoro
  • Hanif Setia Nusantara Universitas Dian Nuswantoro
  • Dinar Pitania Dewi Universitas Dian Nuswantoro
  • Febrina Nabila Zahrah Universitas Dian Nuswantoro
  • Femmi Widyawati Universitas Dian Nuswantoro
  • Ricky Primayuda Putra Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: batik semarangan, desain logo, pembuatan logo, warisan budaya, batik

Abstract

Kampung Batik Rejomulyo, sebuah kampung yang memiliki warisan seni budaya dan kerajinan batik yang kaya. Dalam konteks globalisasi dan persaingan ketat, pengembangan dan promosi kampung batik ini diperlukan untuk menjaga relevansi dan daya saingnya. Salah satu caranya melalui pembuatan desain logo yang akan dijadikan ikon baru kampung tersebut. Logo ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan produk batik semarangan, serta dapat menjadi aset berharga untuk strategi branding produk batik semarangan di Kampung Batik Rejomulyo. Harapan dari penggunaan logo baru ini dapat memberikan identitas yang kuat bagi Kampung Batik Rejomulyo, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga secara nasional maupun internasional.

References

Choirul Anam, A. N. (2019). Perancangan Desain Logo “R3-Viora” sebagai Identitas Baru UKMViora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo. JAST : JurnalAplikasi Sains dan Teknologi, 50-59.
Ihsan Lubis, H. L. (2022). Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta PemasaranProduk Berbasis Sosial Media. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 793-797.
Lukman Pakaya, A. R. (Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)). Desain Logo Kemasan Bagi Umkm Desa Oluhuta Sebagai Langkah Awal Media Promosi Kreatif. 2023, 181-186.
Rizal Ula Ananta Fauzi, D. C. (2022). abdipancamarga27Pembuatan Logo, Peningkatan Marketing Online Inovation, Dan PembukuanSederhanaPada Usaha Mikro Kecil Menengah Di TokoKelontongVian Cell KelurahanKejuronKecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Abdi Panca Marga, 27-31.
Suhartini, H. G. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT MITRA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KOTA SERANG MEMBUAT LOGO DALAM RANGKA MEMBANGUN IDENTITAS USAHA DAN STRATEGI BRANDING USAHA. Jurnal Pengabdian Vokasi (JAPESI), 11-16.
Published
2023-11-18
How to Cite
Trisnapradika, G. A., Nusantara, H. S., Dewi, D. P., Zahrah, F. N., Widyawati, F., & Putra, R. P. (2023). Pembuatan Desain Logo Sebagai Ikon Baru Bagi Kampung Batik Rejomulyo Semarang. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 61-65. https://doi.org/10.51903/community.v3i3.416