Effektivitas Teknik Prenatal Massage Pada Ibu Hamil Trisemester III Dalam Pengurangan Intensitas Nyeri Punggung Bawah

  • Oktaviani Fitriyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lusi Hariyanti Universitas Kusuma Husada Surakarta
Keywords: Nyeri punggung bawah, ibu hamil, prenatal massage

Abstract

Hamil adalah suatu proses alami yang dimulai sejak pembuahan hingga bayi dilahirkan. Saat masa ini, tubuh mengalami perubahan pada berbagai sistem, seperti jantung, pernapasan, hormon, pencernaan, dan otot-tulang. Transformasi pada sistem otot-tulang selama kehamilan terjadi secara bertahap, termasuk peningkatan berat badan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian bawah punggung, terutama pada trimester III. Dari sudut pandang biomekanik, pergeseran pusat gravitasi ke depan dapat menyebabkan lutut menekuk ke belakang dan pelvis menjadi tidak stabil, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan pada tulang belakang bagian bawah dan otot-otot di sekitarnya, sehingga meningkatkan nyeri. Peneliti mencatat bahwa sebelum menjalani prenatal massage, mayoritas ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri sedang berjumlah 24 orang (80,0%). Peneliti mengasusmsikan bahwa salah satu penyebab nyeri punggung yang terjadi pada ibu hamil adalah karena pekerjaan, mayoritas pekerjaan ibu hamil adalah ibu rumah tangga Sehingga perlu diberikan intervensi prenatal massage untuk dapat menurunkan intensitas nyeri pada ibu hamil trisemester III. Setelah dilaksanakan prenatal massage mayoritas ibu hamil merasakan nyeri ringan (76,7%). Prenatal massage dinilai efektif dalam menurunkan nyeri punggung pada ibu hamil trisemester III.

References

P. D. P. Cahyani, N. G. K. Sriasih, and M. W. G. Darmapatni, "Intensitas nyeri punggung bawah ibu hamil trimester III yang melakukan prenatal yoga," Jurnal Sehat Mandiri, vol. 15, no. 2, pp. 72-79, 2020.
[2] K. D. Purnamasari and M. N. Widyawati, "Gambaran nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III," Jurnal Keperawatan Silampari, vol. 3, no. 1, pp. 352-361, 2019.
[3] L. Y. Waskito, "EFEKTIVITAS KOMBINASI KOMPRES AIR HANGAT DAN EFFLEURAGE MASSAGE UNTUK MENGURANGI NYERI PUNGGUNG IBU HAMIL TRIMESTER III," 2019.
[4] S. Muawanah, "EFEKTIVITAS MASSAGE THERAPY DAN SENAM HAMIL UNTUK MENGURANGI NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA IBU HAMIL," JOMIS (Journal of Midwifery Science), vol. 7, no. 2, pp. 118-128, 2023.
[5] H. Fithriyah, R. D., dan Dewi, R. S., "Pengaruh Prenatal Massage Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III (Di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang)," Jurnal Kebidanan, vol. 2, pp. 36–43, 2020.
Published
2023-11-24
How to Cite
Fitriyah, O., & Hariyanti, L. (2023). Effektivitas Teknik Prenatal Massage Pada Ibu Hamil Trisemester III Dalam Pengurangan Intensitas Nyeri Punggung Bawah. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 66-69. https://doi.org/10.51903/community.v3i3.419