Optimalisasi Layanan Administrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Tenaga Pendidik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Gus Dur Pekalongan

  • Nur Rokhman Universitas Dian Nuswantoro
  • Sindhu Rakasiwi Universitas Dian Nuswantoro
  • Edi Sugiarto Universitas Dian Nuswantoro
  • Fikri Budiman Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Administrasi mengambil peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi, lembaga ataupun negara sebagai tolok ukur kemajuannya. Buruknya pengelolaan administrasi dan layanannya dapat mengakibatkan kehancuran, tanpa perlu adanya musibah bencana alam ataupun perang. Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini dapat dimanfaatkan dalam mengoptimalkan layanan administrasi, terutama di sektor pendidikan, karena sektor pendidikan memegang peran penting dalam modal membangun kemajuan bangsa. Tenaga pendidik sesuai undang-undang juga bertugas dalam administrasi dan pelayanan teknis, maka dari itu kali ini diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dengan tujuan optimalisasi layanan administrasi yang ditujukan untuk tenaga pendidik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Gus Dur Pekalongan. Hasilnya, pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk bertukar informasi antar bagian, dan kepala bagian TU dapat dengan mudah memantau pekerjaan terkait dengan administrasi dan layanannya, karena data dapat diakses secara online.

References

[1] L. Marliani, “Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang,” Din. J. Ilm. Ilmu Adm. Negara, vol. 5, no. 4, pp. 17–21, 2019.
[2] R. Rianto, H. Mubarok, and A. Aradea, “Pelatihan Penerapan Sistem Layanan Administrasi Penduduk Desa Berbasis Teknologi Informasi,” J. Pengabdi. Siliwangi, vol. 5, no. 1, 2019.
[3] U. Pudjianto, A. K. Adisusilo, L. Retnawati, and N. Saurina, “Peningkatan kompetensi tenaga pendidik muslimat nu surabaya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” Adimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 22–28, 2020.
[4] S. Kurniandini and A. Zakariya, “Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam peningkatan mutu administrasi pendidikan di Temanggung,” Al-fahim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 73–85, 2022.
[5] C. D. Elviera, D. Irawan, and D. N. Syafrina, “Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi,” MUKADIMAH J. Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.30743/mkd.v3i1.676.
[6] R. Indonesia, “Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional,” no. Pemerintah Pusat, p. LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL SETNEG : 37 HLM, 2003.
Published
2023-11-30
How to Cite
Nur Rokhman, Sindhu Rakasiwi, Edi Sugiarto, & Fikri Budiman. (2023). Optimalisasi Layanan Administrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Tenaga Pendidik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Gus Dur Pekalongan. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 75-79. https://doi.org/10.51903/community.v3i3.421