Pendampingan Usaha “Telur Asin PCA SALE” Dalam Pemasaran dan Legalitas Usaha

  • Agustina Widodo Universitas YPPI Rembang
  • Hesti Dina Sulistyoningsih Universitas YPPI Rembang
  • Vena Faradilla Rohana Universitas YPPI Rembang

Abstract

UMKM “Telur Asin PCA Sale” di Dukuh Sidoreja, Desa Sale, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang usaha ini dikelola oleh Ibu-ibu PCA Sale, Sekitar kurang lebih 2 tahun. Selama KKU di UMKM “Telur Asin PCA Sale” Tim KKU menemukan beberapa masalah yaitu: 1) Belum mempunyai banner usaha, 2) Belum mempunyai buku laporan keuangan, 3) Belum mempunyai Legalitas Usaha, 4) Belum mempunyai media pemasaran online. Program yang direncanakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi pihak UMKM adalah sebagai berikut: 1) Membuatkan Banner Usaha, 2) Membuatkan Buku Laporan agar pihak UMKM mengetahui pemasukan dan pengeluaran dalam usaha yang telah didirikan, 3) Mendaftarkan PIRT, 4) Membuat Akun media sosial berupa Facebook dan Instagram untuk memperluas daerah pemasaran. Hasil setelah progam Kuliah Kerja Usaha dilaksanakan yaitu: 1) Banner sudah terpasang di lokasi UMKM, 2) Pihak UMKM mempunyai buku laporan sehingga memudahkan UMKM dalam mengelola keuangan, 3) UMKM mempunyai izin legalitas usaha dari Dinas Kesehatan,  4) UMKM mempunyai akun media sosial yang memudahkan untuk melakukan pemasaran.

 

Kata kunci: UMKM, Telur Asin, Pemasaran 

References

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230628/88/1670439/memulai-usaha-telur-asin-cara-membuat-hingga-hitungan-bisnis.
https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/bisnis-telur-asin-untuk-pemula-dari-modal-sampai-pemasaran.
https://www.kumpulanpengertian.com/2015/04/pengertian-umkm-menurut-para-ahli.html.
Lukiarti, Ming Ming dan Agustina Widodo (2022). Pelatihan Keterampilan Kewirausahaan Pada Kelompok Alumni STIE YPPI Rembang. Jurnal Abdimas Nusantara.
Tim Penyusun Buku Pedoman KKU 2022. Buku Pedoman Kuliah Kerja Usaha Edisi Revisi ke V. STIE ‘YPPI’ Rembang.
Widodo, Agustina dan Ming Ming Lukiarti (2022). Pelatihan Kewirausahan dan Pengelolaan Keuangan Dasar Kelompok Wanita Tani (KWT) Cemara Asri Desa Tasiksono Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Abdimas Nusantara.
Widodo, Agustina dan Ming Ming Lukiarti (2021). Pengukuran Kinerja UMKM Batik Tulis Lasem di Saat Pandemi Covid 19 di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian Rumah Cemerlang Indonesia.
Widodo, Agustina dan Syaiko Rosyidi. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku Usaha Terasi Desa Leran Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Sebagai Pembekalan Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Buletin Abdi Masyarakat.
Published
2023-11-28
How to Cite
Agustina Widodo, Hesti Dina Sulistyoningsih, & Vena Faradilla Rohana. (2023). Pendampingan Usaha “Telur Asin PCA SALE” Dalam Pemasaran dan Legalitas Usaha. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 70-74. https://doi.org/10.51903/community.v3i3.422