Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa MI Miftahul Hidayah dengan Sosialisasi Aplikasi Digital

  • Sindhu Rakasiwi Universitas Dian Nuswantoro
  • Abu Salam Universitas Dian Nuswantoro
  • Egia Rosi Subhiyakto Universitas Dian Nuswantoro
  • Ika Novita Dewi Universitas Dian Nuswantoro
  • Dhita Aulia Octaviani Politeknik Kesehatan Kemenkes
  • Junta Zeniarja Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: PHBS, Aplikasi Digital, Sekolah, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting untuk mendorong penerapan gaya hidup sehat untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Banyak penyakit dapat dihindari apabila masyarakat menerapkan gaya hidup yang sehat. PHBS sangat ideal untuk diterapkan pada anak-anak pada usia sekolah, karena mereka termasuk ke dalam kelompok yang berisiko terhadap masalah kesehatan dikarenakan oleh beberapa faktor. Teknologi dalam pendidikan telah terbukti dapat mengubah cara interaksi dan pembelajaran dalam kelas secara signifikan, lebih efisien, lebih mudah diakses, dan dapat membangun keterampilan yang dibutuhkan pada era yang serba digital saat ini dan di masa yang akan datang. Penggunaan aplikasi digital sebagai salah satu produk dari teknologi telah banyak digunakan baik di bidang kesehatan maupun pendidikan, dan saling terkait satu sama lain dimana saling melengkapi. Penginformasian masalah kesehatan pasti membutuhkan bidang pendidikan untuk menyampaikannya, demikian pula sebaliknya pendidikan tidak dapat berjalan lancar bila lingkungannya tidak sehat. Dengan demikian peran teknologi pada kedua bidang tersebut menjadi sangat penting. Berdasarkan hal-hal yang telah tersebut di atas, maka perlu adanya suatu pengetahuan kepada siswa-siswa sekolah terutama di sekolah dasar dan yang sederajat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Siswa-siswa selain diberi pengetahuan juga perlu diberikan pendampingan pada saat mempraktikkan materi PHBS tersebut serta memasukkan peran teknologi dalam bentuk aplikasi digital agar pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan efektif, dimana sebelumnya perlu diadakan sosialisasi dan pelatihan terlebih dahulu mengenai penggunaan aplikasi tersebut kepada para guru. Berdasar atas alasan-alasan yang dikemukakan tersebut, maka kali ini tim berinisiatif untuk mengadakan kegiatan berupa Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa dengan Sosialisasi Aplikasi Digital, dengan lokasi yang telah ditentukan yaitu di MI Miftahul Hidayah, sehingga PHBS dapat menjadi kebiasaan siswa di kesehariannya dan dapat menularkan kebiasaan baik tersebut ke lingkungannya.

References

[1]H. Rahman and H. La Patilaiya, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 2, no. 2, p. 251, 2018, doi: 10.30595/jppm.v2i2.2512.
[2]I. W. Sugiritama, I. G. N. S. Wiryawan, I. G. A. D. Ratnayanthi, I. G. K. K. Arijana, N.
M. Linawati, and I. A. I. Wahyuniari, “Pengembangan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan,” Bul. Udayana Mengabdi, vol. 20, no. 1, p. 64, 2021, doi: 10.24843/bum.2021.v20.i01.p11.
[3]M. Tekege, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire,” J. Teknol. dan Rekayasa, vol. 2, no. 1, pp. 40–52, 2017.
[4]D. Ambarwati, U. B. Wibowo, H. Arsyiadanti, and S. Susanti, “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 173–184, 2022.
[5]L. H. Kusumawardani and A. A. Saputri, “Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) pada Anak Usia Sekolah,” J. Ilm. Ilmu Keperawatan Indones., vol. 10, no. 02, pp. 31–38, 2020, doi: 10.33221/jiiki.v10i02.514.
[6]Kementrian kesehatan RI, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia,” Peratur. Menteri Kesehat. No. 2269 TAHUN 2011 tentang Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, p. 4, 2011.
Published
2024-03-20
How to Cite
Rakasiwi, S., Salam, A., Subhiyakto, E. R., Dewi, I. N., Octaviani, D. A., & Zeniarja, J. (2024). Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa MI Miftahul Hidayah dengan Sosialisasi Aplikasi Digital. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 8-13. https://doi.org/10.51903/community.v4i1.496