Pengaruh Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Wina Juli Klinika Mangunsong Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Wely Nababan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Marthin Fransisco Manihuruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.51903/education.v2i3.221

Keywords:

Pemberian tugas, Motivasi belajar, Prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar yang berjumlah 44 orang. Untuk memperoleh data pemberian tugas dan motivasi belajar, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pernyataan yang diikuti dengan jawaban terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reliabilitas.

Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu :

Y atas X1 adalah Y ̂= 89,93+1 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah  Y ̂= 89,10+0,10 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah  Y ̂= 31,8+0,82 X1+0,34 X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y.

Adapun koefisien Pengaruh yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh antara X1 terhadap Y adalah 0,78 , (2) Pengaruh antara X2 terhadap Y adalah 8,3 , (3) Pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y adalah 7,3 , (4) Koefisien kontribusi Y atas X1 sebesar 82,13% , (5) Koefisien kontribusi Y atas X2 sebesar 89,67% , (6) Koefisien kontribusi X1 terhadap X2 sebesar 71,82%.

Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikansi pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1, maka diperoleh :

  1. Terdapat hubungan pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung 0,55 > nilai Ftabel sebesar 0,29). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.
  2. Terdapat hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung sebesar 0,81 > nilai Ftabel sebesar 0,29). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.
  3. Terdapat hubungan pemberian tugas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung 12,10 > nilai Ftabel sebesar 3,22). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.

 

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia.
K, Roestiyah N. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
M, Sardiman A. 2016. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nazir, Moh, 2013. Metode Penelitian. Bogor : Graha Indonesia
Pulungan, Intan & Istirani, 2021. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Larispa.
Rosyid, Moh Zaiful, Mustajab. 2020. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Pasal 3, Pendidikan.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Pengaruh Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI PIS SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. (2022). Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 11-16. https://doi.org/10.51903/education.v2i3.221