Program Beasiswa Prasejahtera Berprestasi (BEST) oleh Tim CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v2i3.276Keywords:
Program CSR, Beasiswa BEST, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik TubanAbstract
Perusahaan dituntut untuk mampu melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan. PT Semen Indonesia sebagai salah satu perusahaan BUMN besar dan telah mempunyai nama di dunia internasional mempunyai banyak sekali kegiatan dan program CSR, salah satu program yang dimiliki perusahaan ini dan berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat sekitar perusahaan yakni program beasiswa yang dinamakan BEST (Beasiswa BEST PT Semen Indonesia). Pelaksanaan program CSR juga perlu terus dipantau agar membuahkan hasil dan dapat mencapai tujuan program dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program CSR BEST yang digagas oleh Tim CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban untuk masyarakat di Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban telah berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya bagi pelajar di daerah Tuban. Adapun analisis dilakukan dengan menguraikan pelaksanaan program BEST yaitu dimulai dari proses perencanaan, mendefinisikan, serta mengevaluasi pelaksanaan program.
References
Ariefianto, L. (2015). Program Corporate Social Responbility (CSR) PT Semen Indonesia Tbk Dan Dampaknya Terhadap Keberdayaan Masyarakat.Pancaran Vol.4, 115-134.
Arifin, M. (2014). Peran Humas Perusahaan X Pada Implementasi Corporate Social Responbility Dalam Bentuk Community Development. eJournal Ilmu Komunikasi, 47-57
Bing Bedjo Tanudjaja. (2006). Perkembangan Corporate Social Responsibility Di Indonesia. Nirmana, 8(2), 92–98.
Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. (2009), Effective Public Relations, Ed. 9. Jakarta: Kencana.
Elia, I. (2016). Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility Djarum Foundation Dalam Mengembangkan Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan.
Febiyan Abella, Dini, Aep, R., & Yudi, M. (2020). Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Pt Timah Dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 19(1), 133–151.
Hadisuamardjo, H. (2014). Efektivitas Implementasi Kebijakan Program Csr Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 51–67. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6675
Hartini, T. (2016). Strategi community relations lembaga pendidikan. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 1(1), 33-43.
Irawan, E. P. (2015). Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan. (Studi Kasus tentang Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Oleh Divisi Human Capital Development PT Kao Indonesia). LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).
Magdalena Carissa, U. I. (2021). Efektivitas Program Csr Bank Jateng Dalam Kebijakan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rtlh) Di Kota Surakarta. Jurnal Administrasi Publik, 12(1). https://doi.org/10.31506/jap.v12i1.9542
Marnelly, T., R. (2012). Corporate Social Responbility (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Vol. 2 (No. 2).
Maulidia, R. (2020). Peran Humas Pemerintahan sebagai Sarana Komunikasi Publik. VOL.14.
Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan public relation di Rumah Sakit. Warta, 13(3), 138–143.
Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. 1(1), 24–44.
Nuryati, R., Sulistyowati, L., Setiawan, I., & Noor, T. I. (2020). Pemetaan Sosial (Social Mapping) Masyarakat Dalam Upaya Mendukung Pengembangan Usahatani Polikultur Perkebunan Terintegrasi (Utppt). Jurnal Agristan, 2(1). https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2342
Olivia, H., & Putri, D. N. (2019). Sosialisasi Program Csr Oleh Public Relations Pt Telkom Indonesia Melalui Event Telkom Craft Indonesia. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 68–76. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.719
Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.
Putra, dkk (2018). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Peningkatan Sarana Dan Prasarana Serta Kesehatan di Kota Gunungsitoli: Implementasi Corporate Social Responsibility(csr) PT Pertamina (Persero) Marketing Operating Region (Mor) I–Terminal Bahan Bakar Minyak (Tbbm) Gunung Sitoli. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol-24 No.3, 776-786
Ratu, K., M., & Djuwita, A. (2021). Analisis Peran Humas Dalam Kegiatan CSR Perusahaan. Vol.8, (No.5). Page 7499.
R. Susanto; I. Pangesti. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta. Journal of Applied Business and Economic. Vol-5 No. 4, 340-350
R Taniarza. (2017). Cyber Public Relations. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 27–48.
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. (2010). Corporate Social Resposibility Dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan.
Ulfani, M., & Sudomo, A. (2018). Perumusan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Penanaman Bakau di Hutan Mangrove Oleh Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Jurnal Mahasiswa Bina Isnani Vol.2, 146-159
Widjaja, G., & Yeremia, A. P. (2008). Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Forum Sahabat.
Wijaya, H. (n.d.). Analisis Data Kualitatif. Zamroni Mahfudh, M. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Mengatasi Eksternalitas PT Semen Indonesia (Persero). 1–15.