Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Kiffa Bakery Sukoharjo

Penulis

  • Muhammad Maulana saidun STIE STEKOM
  • Ratnaningrum STIE STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.51903/mifortekh.v2i2.213

Kata Kunci:

citra merek, word of mouth (wom), niat beli

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kiffa Bakery bulan Desember 2021 sebanyak 134 orang. sampel diambil sebanyak 100 konsumen dengan menggunakan rumus slovin. Untuk menguji hipotesis, analisis data menggunakan program smart PLS. Hipotesis pertama berbunyi World of Mouth berpengaruh terhadap Niat Beli roti di Kiffa Bakery terbukti kebenarannya. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung sebesar 5,137 dengan taraf signifikan 0,000. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa World of Mouth berpengaruh terhadap Brand Image terbukti benar. Hal ini dikarenakan nilai t hitung sebesar 6,250 dengan tingkat signifikansi 0,000 (signifikan). Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa Citra Merek berpengaruh terhadap Niat Beli terbukti benar. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung sebesar 8,970 dengan taraf signifikan 0,000 (signifikan). Karena nilai t-hitungnya adalah 5,8804. Hipotesis keempat yang menyatakan bahwa variabel World of Mouth berpengaruh terhadap Niat Beli roti pada Kiffa Bakery melalui Brand Image terbukti benar. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung sebesar 5,880 dengan tingkat signifikansi ( > t-tabel 1,660, ada pengaruh World of Mouth terhadap Niat Beli. Karena signifikan atau melebihi nilai T-hitung sebesar 5,137, maka citra merek cocok untuk variabel mediasi.

Kata Kunci: Citra Merek, Word Of Mouth (Wom), Niat Beli. 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA
Aaker, 2016, Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba. Empat. Jakarta
Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Babin, 2009, Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta: Selemba Empat.
Chandra Sukka Jatmika. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Image dan Purchase Intention Smartphone Samsung di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya.
Eriza Z. N. (2017). Peran Medisi Citra Merek dan Persepsi Risiko pada Hubungan antara Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Kosmetik E-Commerce di Solo Raya). JurnalKomuniti.
Ferdinand, 2005, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, 2016, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Josephine et al. 2016, Grammatical Cohesion in Teacher Trainees’ Argument Essay: a Linguistics Analysis of Argument Essay of Private College of Education in Ghana”. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary
Kotler Philip. 2019. Manajemen Pemasaran. Penerjemah. Jakarta: PT. Indeks
Kotler dan Keller, 2017, Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
______________, 2019, Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler dan Susanto, 2015, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.
Lamb et al., 2015, Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat
Martinez dan Soyong Kim, 2017, Predicting purchase intention for private sale sites”. Emeraldinsight.
Mohammad Alfa Hasyim, Achmad Fauzi, Dahlan Fanani. 2017. Pengaruh Citra Merek Terhadap Word of Mouth dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis
Mowen dan Minor, 2020, C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga
Nunally 2016, Nunnally, J., 1967. Psycometric Theory, McGraw Hill, New York.,
Pamenang W dan Susanto H. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Kerupuk Ikan Lele UKM Minasari Cikaria Pati, Jawa Tengah). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.
Rumahak M.D dan Rahayu B. (2016). Pengaruh Word of Mouth terhadap Purchase Intention Melalui Brand Imagepada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.1(2): h: 188-204
Rangkuti, 2007, Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Puataka Utama.
Santoso, 2015. Penelitian Kuantitatif. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.
Schifman dan Kanuk, 2019, Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sernovitz, 2019, Word of Mouth Marketing:How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York : Kaplan Publishing.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Bisnis (Cetakan ke-16, Maret 2012). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, 2015, Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susanto dan Wijanarko, 2016, Power Branding Membangun Merek Unggul Dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta: PT. Mizan Publika, Jakarta
Sutisna. 2016. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zarrad dan Debabi, 2015, Analyzing The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Tourists Attitude Toward Destination And Travel Intention. International Business Research Vol. 4

Diterbitkan

2022-10-10

Cara Mengutip

Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Kiffa Bakery Sukoharjo. (2022). Jurnal Manajemen Informatika & Teknologi, 2(2), 88-98. https://doi.org/10.51903/mifortekh.v2i2.213