PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM GULA JAWA DI DESA JONGGLOSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO
Keywords:
perkembangan UMKM gula jawa, strategi pemasaran, modal usaha, karakteristik kewirausahaanAbstract
Karakteristik kewirausahaan memempunyai peran yang penting bagi seorang wirausaha dalam memulai suatu usaha, menjalankan usaha, berkreasi dan berinovasi sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Modal usaha merupakan modal utama bagi seorang wirausaha untuk mendirikan usahanya serta memiliki peran penting untuk kelanjutan dan pengembangan usaha menjadi lebih besar. Strategi pemasaran harus dimiliki bagi setiap wirausaha guna menciptakan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar. Dalam penelitian ini membuktikan bahwa karakteristik kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan UMKM gula jawa, sedangkan modal usaha memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap perkembangan UMKM gula jawa, dan strategi pemasaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan UMKM gula jawa.