PENGEMBANGAN UMKM NURI’S CAKES AND COOKIES MELALUI TEKNIK DIGITAL PAYMENT DENGAN APLIKASI PEMBAYARAN QRIS
Keywords:
Pembayaran Digital, Aplikasi, QRIS, UMKMAbstract
UMKM Nuri’s Cakes and Cookies merupakan UMKM dalam bidang kuliner di Kelurahan Air Raja Tanjungpinang yang berdiri sejak tahun 2008. Produk-produk yang dijual oleh UMKM Nuri’s Cakes and Cookies adalah kue, tumpeng dan katering. Pengembangan ini menjawab permasalahan yang ditemukan dalam UMKM Nuri’s Cakes and Cookies yang mengalami kekurangan dalam hal pembayaran digital pada teknologi masa kini. Oleh karena itu, dalam pengembangan ini akan dibuat aplikasi pembayaran QRIS sebagai pembayaran digital yang lebih memudahkan Nuri’s Cakes and Cookies dalam memasarkan dan mengembangkan produknya. Perancangan ini menggunakan metode penelitan wawancara, dokumentasi,studi kepustakaan dan internet. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan penggunaan QRIS.
References
Amalia, V., Solahudin, D., & Risdayah, E. (2020). Model Ostergaard dalam Mengkampanyekan QRCode Indonesia Standard (QRIS). Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 3(4), 311–328. https://doi.org/10.15575/reputation.v3i
Iradianty, A., & Aditya, B. R. (2020). Indonesian Student Perception in Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 518–530. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i4.2713
Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard ( QRIS ) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297.
Sulindawati, N. L. G. E., Yuniarta, G. A., & Purnamawati, I. G. A. (2017). Manajemen Keuangan: Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis (1st ed.). Rajawali Pers.