Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas

  • I Nyoman Buda Hartawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Gusti Made Ngurah Desnanjaya Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Putu Satria Udyana Putra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Wayan Suardiati Putri Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Wayan Eny Mariani Politeknik Negeri Bali
Keywords: disabilitas, digital marketing, bussiness model canvas, keuangan usaha, desain produk

Abstract

Penyandang disabilitas berhak untuk mengembangkan usahanya untuk meningkatkan pendapatan usahanya. Pemasaran produk secara konvensional sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman dan kondisi pandemi saat ini. Masyarakat enggan untuk keluar rumah dan lebih memilih untuk berbelanja melalui internet. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha penyandang disabilitas dalam pemanfaatan teknologi untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan dan praktikum kepada KuBE Widura dengan materi digital marketing, Business Model Canvas, pencatatan keuangan usaha, dan label kemasan produk dengan 20 orang peserta. Evaluasi dilakukan dengan menilai project praktikum yang dilakukan yaitu pemasaran dengan teknologi, pemodelan business dengan Business Model Canvas, kemampuan melakukan pencatatan keuangan usaha, dan label kemasan produk. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa, peserta mampu melakukan pemasaran dengan pemanfaatan teknologi, pemodelan business dengan Business Model Canvas, dan kemampuan melakukan pencatatan keuangan usaha berturut-turut 87%, 85%, dan 90%. Label kemasan yang didesain telah mampu mereprenstasikan ciri khas KuBE Widura dan kearifan lokal Bali.

References

Presiden Republik Indonesia, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS, vol. 23, no. 45. Indonesia, 2016, pp. 5–24.

S. K. R. Indonesia, “Digelar 6-13 Oktober, Bonus Peraih Medali Asian Para Games 2018 Sama Dengan Asian Games,” 2018. [Online]. Available: https://setkab.go.id/digelar-6-13-oktober-bonus-peraih-medali-asian-para-games-2018-sama-dengan-asian-games/.

K. S. R. Indonesia, PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG STANDAR HABILITASI DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS. Indonesia, 2017, p. 200.

R. K. P. dan K. Indonesia, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Kurikulum Pendidikan Khusus,” vol. 2025, no. 1690, 2014.

F. Nursyamsi, E. D. Arifianti, M. F. Aziz, P. Bilqish, and A. Marutama, Kerangka Hukum Disabilitas di Indonesia : MENUJU INDONESIA RAMAH DISABILITAS. 2015.

Badan Pusat Statistik, “Kabupaten Bangli Dalam Angka 2019,” Bangli, 1808.

B. Agung, “Beberapa umat berdoa dengan sarana sesajen dan dupa dalam persembahyangan Imlek 2563 di Kelenteng Dharmayana, Kuta, Bali,” Liputan6, 2012. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/photo/read/577966/beberapa-umat-berdoa-dengan-sarana-sesajen-dan-dupa-dalam-persembahyangan-imlek-2563-di-kelenteng-dharmayana-kuta-bali-senin-231-persembahyangan-imlek-di-bali-diikuti-oleh-umat-budha-hindu-tao-dan-konghucu-antarafoto?page=1.

I. N. Mahayasa and I. Yudistirani, “Home News Bali Denpasar Budaya Bisnis Super Ball Bali United Sport Lifestyle Epaper Lainnya Prov. Bali Denpasar Badung Tabanan Jembrana Buleleng Bangli Klungkung Gianyar Karangasem Travel Akomodasi Kuliner Destinasi Shopping Ticketing TribunTravel.com Hom,” Tribunnews, 2017. [Online]. Available: https://bali.tribunnews.com/2017/01/29/foto-unik-umat-budha-dan-hindu-sembahyang-bersama-saat-imlek-di-denpasar.

PHDI, “Arti Sarana Persembahyangan,” Website PHDI, 2001. [Online]. Available: http://phdi.or.id/artikel/arti-sarana-persembahyangan.

Agustiana, Tika, Martiningsih, 2014,"IBM Minyak Atsiri", Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

Wisnu, Gede. Redhana, Wayan. Suardana, 2014 "IBM Pengrajin Dupa", Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

Published
2022-08-14
How to Cite
Hartawan, I. N. B., Desnanjaya, I. G. M. N., Putra, P. S. U., Putri, N. W. S., & Mariani, W. E. (2022). Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 63-73. Retrieved from https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/169