Persepsi Guru pada Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Daring
Keywords:
Perseption, Teacher, Online LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Informasi persepsi guru mengenai pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan terdiri dari 4 orang guru di desa Tegalreja. Hasil ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanan pembelajaran daring guru masih beradaptasi dengan proses pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang bisa membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Dalam pelaksanaanya guru tetap melaksanakan beberapa penilaian seperti pada saat pembelajaran di kelas dengan memperhatikan tujuan pembelajaran dan mengukur siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pelaksanaan pembelajaran guru juga menemukan beberapa kendala baik itu pada tingkat kemampuan guru dalam mengoperasikan media untuk pembelajaran daring juga pada jaringan yang terkadang putus serta masalah kuota yang cepat habis ketika proses pembelajaran berlangsung. Solusi yang dilakukan guru ketika menemui beberapa kendala ketika pembelajaran daring yaitu adanya saling tukar pikir atau berbagi pengalaman dengan guru yang sukses dalam pelaksanaan pembelajaran daring