PROGRAM PENDAMPINGAN DAN BIMBINGAN TOEFL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Yudy Prasetyo STKIP PGRI Sidoarjo
  • Dina Merris Maya Sari STKIP PGRI Sidoarjo
  • Muhammad Dicky Riza STKIP PGRI Sidoarjo

Keywords:

Pendampingan, TOEFL (Test of English as Foreign Language), Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan berupa pendampingan dan bimbingan pada kegiatan TOEFL (Test of English as Foreign Language) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar TOEFL sebagai penguatan kemampuan bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah digunakan dalam penyampaian materi selama pendampingan, sedangkan metode diskusi digunakan dalam sesi pembahasan soal latihan. Subjek pada kegiatan ini adalah 40 siswa SMAN 3 Sidoarjo. Target luaran dari kegiatan ini adalah siswa mampu memahami jenis soal dalam TOEFL sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademiknya secara berkualitas. Kegiatan ini juga menggunakan wawancara, survei, dan observasi untuk mengumpulkan data. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa (1) konteks dalam kegiatan ini mempertimbangkan kebutuhan peserta yang disinkronkan dengan standar pelaksanaan TOEFL real test dan standar nasional. (2) masukan telah diberikan dan dipersiapkan dengan baik, termasuk rencana program. (3) Reaksi kepuasan peserta dalam kategori memuaskan, dan reaksi penilaian peserta terhadap proses pelaksanaan program TOEFL berada pada kategori sangat baik. (4) Hasil yang diperoleh peserta kursus dalam penilaian TOEFL cukup meningkat secara signifikan.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Yudy Prasetyo, Dina Merris Maya Sari, & Muhammad Dicky Riza. (2022). PROGRAM PENDAMPINGAN DAN BIMBINGAN TOEFL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 76–82. Retrieved from https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/174