IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SDM REMAJA MASJID DI KECAMATAN GAJAHMUNGKUR

  • Fitro Nur Hakim Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Achmad Solechan Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Toni Wijanarko AP Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Haryo Kusumo Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Yuli Fitrianto Universitas Sains dan Teknologi Komputer
Keywords: Teknologi informasi, remaja masjid

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian remaja masjid antara lain : Masih minimnya pengetahuan remaja masjid berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, Terjadi peralihan tren dalam mendapatkan informasi dari konvensional (offline) seperti media cetak ke media digital (online) kemudian kemampuan para remaja masjid dalam tehnik design grafis dan fenomena penggunaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Pelaksnaan kegiatan pengabdian ini dilakukan di remaja masjid di Kecamatan Gajah Mungkur tepatnya di masjid MTA Gajahmungkur yang meliputi pelatihan yang diberikan secara langsung dan pendampingan langsung step by step. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari dan di hadiri sebanyak 13 peserta dari remaja masjid MTA Gajahmungkur dan dipandu oleh 7 orang pemateri / dosen dari Universitas Sains dan Teknologi Komputer. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan beberapa metode pembelajaran. antara lain:  metode ceramah, metode praktik  dan metode tanya jawab.

Setelah diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat berupa ceramah dan pelatihan di bidang pelatihan bagi para peserta (remaja masjid) di MTA Kecamatan Gajahmungkur, dapat disimpulkan bahwa: Ceramah dan pelatihan pembuatan desain, dasar-dasar pengenalan Input/Output dan peripheral, dasar-dasar pembuatan website bagi remaja masjid, pembagian bandwidth di lingkungan masjid, serta Transfer pengetahuan terkait dengan membuat poster, logo, featured image blog, infografik, newsletter, konten media sosial, desain kemasan produk, invoice, thumbnail youtube, banner merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas SDM remaja masjid. Antusias para peserta sangat besar dalam mengikuti ceramah dan pelatihan, sehingga ilmu yang disampaikan diarapkan dapat diterima dan diaplikasikan dengan baik. Menambah softskills remaja masjid MTA Kecamatan Gajahmngkur dalam bidang troubleshooting sistem komputer, serta menambah pengetahuan dan ketrampilan remaja masjid dalam bidang teknologi informasi menjadi lebih baik.

Published
2022-10-21
How to Cite
Fitro Nur Hakim, Achmad Solechan, Toni Wijanarko AP, Haryo Kusumo, & Yuli Fitrianto. (2022). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SDM REMAJA MASJID DI KECAMATAN GAJAHMUNGKUR. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 9-14. Retrieved from https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/211