PENGARUH PEMBERIAN BALIKAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN DAN SMK YOS SUDARSO 1 SIDOARJO
THE EFFECT OF GIVING FEEDBACK AND ACHIEVEMENT MOTIVATION ON LEARNING OUTCOMES FOR THE PREPARATION OF FINANCIAL REPORTS FOR CLASS X STUDENTS OF ACCOUNTING EXPERTISE PROGRAM AT SMK NEGERI 2 BUDURAN AND SMK YOS SUDARSO 1 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v2i2.125Keywords:
pemberian balikan, motivasi dan hasil belajarAbstract
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif dengan pengujian validitas dan reliabilitas, Uji beda Anova.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1. Terdapat perbedaan hasil belajar penyusunan Laporan Keuangan Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran dan SMK Yos Sudarso 1 Sidoarjo yang diberi balikan tertulis dan yang diberi balikan lisan. 2. Terdapat perbedaan hasil belajar penyusunan Laporn Keuangan Program Keahlian Akuntansi di SMK Sidoarjo yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah. 3. Terdapat interaksi antara pemberian balikan dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar penyusunan Laporan Keuangan Program Keahlian Akuntansi di SMK Sidoarjo.
References
Bahri, Samsul & Aswan, Zani, 1996. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta, Penerbit
Pakar Raya.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2010. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Bandung: Yrama Widya.
Uno, Hamzah B, 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman AM. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hadi, Sutrisno, 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta, Penerbit BPFE.
Hamalik, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Penerbit PT Bumi Aksara.
Hamalik, 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta,
Penerbit PT Bumi Aksara.
Handoko, T Hani, 1996. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2
Cetakan Ke-10, Yogyakarta, Penerbit BPFE.
Kulik & Kulih, 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta, Penerbit Bumi Aksara.
Luthans, 1992. Contextual Teaching and Learning. United of America, Corwin Press.
Inc.
Nasution S, 1984. Beberapa Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta,
Penerbit Bina Aksara.
Pasaribu.I.L.B. Simanjutak, 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung, Penerbit Tarsito.
Rokhim & Thomson, 1999. Proses Belajar Mengajar. Bandung, Penerbit Rosda Karya.
Sardiman, 1994. Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta, Penerbit Kanisius.
Suharsimi, Arikunto, 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta, Penerbit BPFE.
Sukamto & Winata Putra, 1997. Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta, Penerbit UNY.
Wiryokusumo, Iskandar, 2006. Penyusunan Tesis TEP (Dalam Pendekatan Praktik).
Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Subandowo. Suryaman & Rufi’I, 2011. Buku Pedoman Penulisan Tesis. Program
Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
.
Muhidin, 1995. Pembelajaran Siswa. Bandung, Penerbit Rosda Karya.
Pangestu Subagyo dan Djarwanto Ps, 2005. Statistika Induktif. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hartanto Sunardi dan Wara Pramesti, 2008. Statistika. Surabaya: University Press UNIPA Surabaya.
Gempur Santoso, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
Yatim Riyanto, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Asri Budiningsih, 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman AM, 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santoso Gempur, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.