KETERKAITAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

  • Wanda Khoirunnisa Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Nijma Syaniyah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
Keywords: Buku Ajar, Pencapaian Belajar Siswa, Kelas Rendah, Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi keterkaitan antara pencapaian hasil belajar siswa kelas rendah sekolah dasar dengan buku ajar matematika yang digunakan guru pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil pengambilan data diambil dari hasil wawancara dengan salah satu guru SDN Pondok Aren 01. Dan dengan melihat perkembangan zaman yang semakin maju, maka media pembelajaran pun semakin berkembang dan bervariasi. Pada zaman ini, peneliti bertanya apakah media buku ajar memiliki keterkaitan dalam pencapaian hasil belajar siswa kelas rendah sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran matematika. Dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa buku ajar bukan lagi menjadi satu-satunya acuan dalam proses pembelajaran. Terdapat media pembelajaran lain yang dapat menunjang pencapaian hasil belajar siswa. Dan terlepas dari berbagai media yang diterapkan oleh guru, diperlukannya juga sikap inovatif dan kreatif dalam proses penyampaian pembelajaran untuk menerjemahkan maksud isi dari buku ajar tersebut agar bisa lebih mudah untuk dipahami oleh siswa kelas rendah sekolah dasar. Dalam pembelajaran matematika bukan hanya berisikan teks kalimat melainkan juga berisikan kumpulan angka dan simbol, maka dalam proses pembelajarannya pun tidak cukup jika hanya mengandalkan buku ajar matematika.

References

Eros Rosita, Hilma Tausiah, Sofa Amanillah, Sofyan Sauri. (2019). Analisis Penyusunan Buku Teks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab. Jurnal Educational Technology, 343.
Kharris Nur Qotimah, Kevin Fernaldy Shelby, Mochammad Ramadhan Hadiansah, Rizki Barokah Purnamasari, Tarisha Zahra. (2021). Penelusuran George Short Movie Terhadap Aspek Semiotika. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 95.
Muhammad Ridho Pradita, Fitrani Lubis. (2018). KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 282.
Nurdyansyah, Riska Sugiarto, Pandi Rais. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Islamic Education Journal, 203.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 173.
Riri Zulvira, Neviyarni, Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1847.
Sudarto. (2021). Filsafat Pendidikan Islam. Sleman: Deepublish.
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Published
2022-03-15
How to Cite
Wanda Khoirunnisa, Nijma Syaniyah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). KETERKAITAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 52-59. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.149