PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Wulan Arifatu Azzahra Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Wilda Alfiana Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
Keywords: Bahan Ajar, Audio Visual, Hasil Belajar Peserta Didik, Sekolah Dasar

Abstract

Saat pembelajaran di sekolah dasar cenderung guru menyampaikan serta melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jaman sekarang mengharuskan adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta tuntutan kegiatan belajar mengajar yang semakin berkembang untuk mengikuti perkembangan zaman. Media Audio Visual termasuk media pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan proses pembelajaran terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai pendidik diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif bagi peserta didik sehingga meningkatan pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Analisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan bantuan artikel ilmiah.

References

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574

Nurjati. (2012). Teori Tentang Media Audio Visual Dan Keaktifan Belajar. Skripsi, 14–40.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Onainor, E. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sd. 1, 105–112.

Saidaturrohmah, U. (2017). Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Kelas V Mi Al-Islam Bangsri Jepara. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf
Published
2022-03-15
How to Cite
Wulan Arifatu Azzahra, Wilda Alfiana, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.150